Pengaruh Modernisasi Pendidikan Mesir bagi Indonesia

DEPOKPOS – “Diskusi ilmiah yang bertajuk “Mengulik Modernisme Pendidikan Mesir dan Dampaknya Terhadap Indonesia” telah menjadi sorotan dalam webinar online yang diadakan oleh Departemen Keilmuan dari IKABA (Ikatan Keluarga Asia Barat), di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan melalui platform Zoom pada Sabtu, tanggal 09 Desember 2023, yang di mulai jam 13.00 hingga jam 16.00 WIB.

Pembicara kunci dalam seminar ini adalah Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Dr (H.C.) Rauf Lutfi, dengan dipandu oleh moderator Abdul Muta’ali, M.A., M.I.P., Ph.D., pengajar di Program Studi Arab FIB UI.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Pembukaan acara diisi oleh sambutan dari Dr. Untung Yuwono selaku Wakil Dekan FIB UI dan Saddam Arnold Albarock yang bertindak sebagai koordinator proyek Nadwah Ilmiah tahun 2023. Seminar ini mendapat perhatian dari banyak mahasiswa Sastra Arab, tidak hanya dari Universitas Indonesia tetapi juga dari institusi lain.

Dr. Rauf Lutfi menyampaikan analisis yang komprehensif mengenai kondisi negara Mesir, evolusi sistem pendidikannya, tokoh-tokoh serta institusi yang berperan dalam reformasi pendidikan di Mesir, termasuk interaksi antara mahasiswa Indonesia dengan institusi pendidikan di negara tersebut.

Lebih lanjut, beliau juga menguraikan tentang kontribusi signifikan Al-Azhar dalam sejarah pendidikan Islam dan bagaimana institusi ini telah melahirkan banyak pemimpin reformasi pendidikan. Beliau juga menyoroti pengaruh mahasiswa Indonesia di Mesir dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Selain itu, Dr. Rauf Lutfi juga mengeksplorasi peluang dan rintangan dalam hubungan bilateral Indonesia-Mesir, khususnya dalam bidang pendidikan. Beliau menegaskan bahwa meskipun terdapat prospek yang menjanjikan, terdapat pula hambatan yang perlu diatasi, seperti perbedaan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, dan pendidikan antara mahasiswa, serta keperluan akan manajemen layanan publik yang efektif di Mesir.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Secara umum, Nadwah Ilmiah ini berhasil menyajikan pandangan yang luas dan berbobot mengenai proses modernisasi pendidikan di Mesir serta implikasinya bagi Indonesia, memberikan sebuah forum yang berharga untuk pertukaran pengetahuan dan informasi, serta memungkinkan dialog yang bermakna mengenai isu penting ini.”

Luthfiyah Raima Hayyan
Mahasiswi Program Studi Arab UI