Mahasiswa UNPAM Latih Anak-anak Cara Mengolah dan Memanfaatkan Sampah dengan Baik Menjadi Nilai Jual Yang Tinggi

DEPOKPOS – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang dilakukan oleh mahasiswa universitas pamulang. Minggu, 5 November 2023 (05/11/2023) . Acara tersebut mengangkat tema ” Pemanfaatan Sampah Anorganik dan Barang Bekas Menjadi Nilai dan Berdaya Jual”. Diikuti oleh seluruh anak-anak di Yayasan Ishlahul Hayat 1 .

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah mahasiswa/i pelajari diperkuliahan kepada segenap elemen masyarakat yang akan menjadi objek tujuan kegiatan yang akan dilakukan.

Bertepatan pada hari sabtu tanggal 05 November 2023 , tepat pukul 09.00 WIB dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswi Prodi Akuntansi Universitas Pamulang. PKM Ini di ketuai oleh Shifa Fadilah dan 3 anggota lainnya yaitu : Martia Nur Noviana, Cut Putri Fatimah , Dan Sela Naysila

BACA JUGA:  Bank Muamalat Bersama BMM Resmikan Program Beasiswa Sarjana Muamalat

Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa Universitas pamulang, yang dimana program ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapat di kampus kepada masyarakat luas. Selain itu, Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai cara-cara pengolahan sampah dari barang bekas menjadi barang yang bernilai jual tinggi.

Hasil dari kegiatan PKM yang dilakukan pada anak diyayasan islahul hayat adalah mereka mulai terbuka mengenai cara mengolah barang tidak terpakai menjadi barang yang bisa dipakai Kembali dan dapat di manfaatkan Kembali.

Mereka menyadari bahwa yang mereka sia-siakan selama ini ternyata bisa diolah dan dipakai oleh mereka. Maka dari itu, kegiatan PKM ini dilakukan untuk anak-anak yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah dan kreativitas anak. Di mana dengan adanya edukasi ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran kepada peserta PKM untuk melatih skill kreativitas.

BACA JUGA:  Bank Muamalat Bersama BMM Resmikan Program Beasiswa Sarjana Muamalat

Hasil yang diperoleh adalah anak-anak tersebut terlihat sangat antusias dan gembira mengikuti kegiatan pengabdian ini. Apalagi dalam penyampaiannya juga diselingi dengan games yang mendidik, sehingga mereka tidak bosan. Contoh cara penyampaian pelajaran seperti ini lah yang diharapkan dapat diterapkan di Yayasan Ishlahul Hayat 1 ke depannya, sehingga semangat belajar dan kreativitas tetap terjaga.

Terdapat 10 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan ragam usia dari 8 – 14 tahun. Para peserta mengikuti kegiatan dengan antusias serta berperan aktif dalam mempraktikan apa yang diperintahkan oleh anggota pelaksanaan kegiatan PKM.

BACA JUGA:  Bank Muamalat Bersama BMM Resmikan Program Beasiswa Sarjana Muamalat

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin Vaniya dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari mahasiswa yang diwakili oleh Sdri. Martia Nur Noviana kepada Pengurus Yayasan Ishlahul Hayat Ibu Dalwiyah dan diakhiri dengan foto bersama antara Mahasiswi dengan anak anak Yayasan Ishlahul Hayat.

Martia Nur Noviana
Mahasiswa Universitas Pamulang