Kuliah Praktik Ciptakan Manfaat bagi UMKM

Kuliah Praktik Ciptakan Manfaat bagi UMKM

DEPOK – Dalam dinamika perkuliahan, tentunya banyak hal-hal yang dipelajari. Mulai dari aspek teoritis yang harus dipahami dan diimplementasikan dengan baik dalam dunia praktik. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI. Pasalnya salah satu agenda perkuliahan di STEI SEBI program studi Manajemen Bisnis Syariah, tepatnya pada mata kuliah laboratorium bisnis, telah mengahdirkan pembelajaran dan praktik pemberdayaan UMKM.

Pada tanggal 31 Oktober 2023, salah satu tim dari mahasiswa STEI SEBI telah melakukan pemberdayaan terhadap UMKM, tepatnya usaha F-One Laundry yakni salah satu UMKM yang ada di Jalan Raya Bilabong Permai, Cimanggis, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Beberapa kegiatan dilakukan selama agenda berlangsung, diawali dengan observasi usaha sampai dengan memberikan gagasan agar usaha tersebut bisa bertumbuh dengan baik.

BACA JUGA:  Society of Petroleum Engineers UI Raih Penghargaan Internasional

Kegiatan ini dilandasi dengan pembelajaran selama mata kuliah berlangsung dan diiringi dengan beberapa pembekalan. Pembekalan tersebut yakni, pembelajaran empat pilar manajemen yang harus diterapkan dalam sebuah bisnis atau usaha. Dimulai dari pilar model bisnis dan pemasaran, manajemen operasional, pengembangan sumber daya manusia, dan aspek keuangan usaha yang menjadi penopang bisnis.

BACA JUGA:  Bimasakti Racing Team UGM Generasi 13 Siap Berlaga di Sirkuit de Barcelona

Dari keempat pilar tersebut, terdapat beragam saran dan binaan yang didapatkan diberikan. Beberapa di antaranya ialah, peningkatan pemasaran online yang dapat lebih dimasifkan dan juga program CSR yang coba diusulkan yaitu pembersihan karpet di beberapa Masjid sekitar lokasi usaha tersebut.

Agenda ini membuahkan respons yang baik dari UMKM tersebut, yang mana bisns ataupun usaha yang dijalankan menjadi lebih berkembang dan bertumbuh lebih pesat dari sebelumnya. Tentunya hal dapat menjadi suatu hal positif, melihat salah satu capaian pertumbuhan ekonomi di Indonesia dihasilkan dari UMKM yang berkualitas. Mari hidupkan UMKM, menuju Indonesia lebih baik lagi.

BACA JUGA:  Program Kolaboratif Indonesia-Malaysia, “SustainaBlue” Ditujukan Untuk Percepat Pengembangan Blue Economy dan Green Transition

Oleh : Farhan Rajal Tuha Rea

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait