Tips Mencintai Diri Sendiri

Tips Mencintai Diri Sendiri

Self-love adalah aspek penting dari kesehatan mental. Dengan mencintai dan menerima segala kelebihan serta kekurangan yang ada pada diri sendiri, maka akan lebih mudah bagi seseorang untuk mengelola emosi yang muncul. Dalam artikel pada www.uir.ac.id, dengan judul Menumbuhkan Self Love Kepada Diri Sendiri, disebutkan bahwa menerapkan self-love bisa membantu menjaga kesehatan mental dan menurunkan risiko gangguan pada kondisi psikologis. Mencintai diri sendiri tidak diartikan sebagai pemenuhan semua hal yang diinginkan, apalagi jika tidak terlalu berguna.

Saat kita menjadi pribadi yang lebih baik, maka kita akan lebih mudah untuk mencintai dan membantu orang lain. Maka dari itu, mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain sangat penting karena tanpa cinta diri yang sehat, kita akan kesulitan untuk menjalin hubungan yang sehat dan bahagia dengan orang lain.

BACA JUGA:  Ini Alasan Penting Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah

Psikologi Samantha Ananta, M.Psi, menyatakan bahwa self-love dijabarkannya menjadi suatu bentuk penghargaan pada diri sendiri sebagai upaya untuk menunjukkan kepedulian terhadap kondisi fisik, psikologis dan spiritual.

Mencintai diri sendiri ternyata tidak mudah, bahkan ada yang menyakan bahwa lebih mudah mencintai orang lain dibandingkan mencintai diri sendiri. Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan agar mampu mencintai diri sendiri?

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan

Mengenal apa potensi dalam dirimu
Dengan lebih mengenal diri sendiri, maka kita akan mampu untuk lebih menghargai diri sendiri. Mengetahui apa potensi dalam diri dapat menaikkan value diri sehingga menumbuhkan rasa percaya diri dan yang berharga dalam diri. Ketika sudah mulai menemukan jati diri kita, hingga akhirnya tumbuh rasa mencintai diri sendiri, dan merasa bahwa diri ini berharga dan pantas untuk dicintai.

BACA JUGA:  Imam al-Ghazali tentang Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam

Menggali potensi
Setelah mengenal potensi diri setelahnya mulai menggali potensi yang ada, sehingga menjadikan potensi ini menjadi sebuah keahlian.

Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai
Mengerjakan hobi yang disukai dapat menjadikan fikiran menjadi lebih rileks dan membangkitkan semangat dan rasa bahagia.

Mengikuti kegiatan sosial atau forum
Dengan mengikuti forum atau kegiatan sosial kita bisa merasakan bahwa diri ini berharga dan kehadiran diri ini di dunia ini sangat disyukuri oleh orang-orang sekitar.

BACA JUGA:  Sampah Logistik Membludak, Closed Loop Supply Chain Solusinya?

Berkumpul bersama teman
Dengan berkumpul bersama teman kita bisa bertukar pikiran serta membagi cerita sehingga kita bisa merasakan bahwa kita ini tidak sendirian.

Demikianlah kiat untuk bisa mencintai diri kita sendiri atau self-love. Sebagaimana disebutkan di awal, dengan adanya self-love maka akan dapat berdampak positif bagi kesehatan mental.

Rizkia Fadila Rahma 

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait