Tekno  

Resmi Dirilis, Cek Harga dan Spek iPhone 15

Port USB Type-C menjadi pembaruan yang paling mencolok dari iPhone 15.

DEPOKPOS – Apple resmi merilis iPhone 15. Peluncuran seri terbaru ini dilakukan oleh CEO Apple Tim Cook dan timnya dalam event ‘Wonderlust’, yang dihelat dari markas mereka di Cupertino, California, AS.

Gelaran ini ditayangkan secara langsung dari berbagai media live streaming Apple, Rabu (13/9) mulai pukul 00.00 WIB.

Port USB Type-C menjadi pembaruan yang paling mencolok dari iPhone 15. Dengan pembaruan ini, pengguna hanya perlu membawa satu kabel untuk mengisi daya Macbook, Airpods, iPad, dan iPhone.

“USB C menjadi standar yang diterima secara universal, jadi kami menghadirkan USB C ke iPhone 15. USB C memungkinkan pengisian daya, mentransfer data, memutar audio dan video, dan sudah ada di produk Apple selama bertahun-tahun,” ujar Kaiann Drance, VP iPhone Product Marketing dalam acara Apple Event, Rabu (13/9).

BACA JUGA:  Samsung Pamerkan Teknologi Inovatif AI TV di Tech Seminar Asia Tenggara 2024

“Kini kabel yang sama dapat mengisi daya Mac, iPad, iPhone, dan bahkan Airpods Pro generasi kedua, yang telah diperbarui dengan konektor USB C,” lanjutnya.

Port USB Type-C bahkan memungkinkan pengguna untuk melakukan reverse charging atau mengisi daya perangkat lain dengan iPhone.

“Jika Air pods Anda kehabisan daya, Anda dapat mengisi daya Air pods atau bahkan Apple Watch langsung dari iPhone Anda,” tutur Kaiann.

Selain USB Type-C, Apple juga menghadirkan fitur Dynamic Island untuk semua model iPhone 15. Sebelumnya, fitur yang diperkenalkan Apple pada 2022 ini hanya tersedia untuk varian Pro.

Dynamic Island juga akan mendapatkan pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk melacak pengantaran pizza, gate keberangkatan di bandara, hingga melihat skor pertandingan sepak bola.

BACA JUGA:  Vivo Hadirkan Layanan Perbaikan Antar Jemput

Pada bagian layar, iPhone 15 dibekali layar 6,1 inci, sedangkan iPhone 15 Plus memiliki layar 6,7 inci. Keduanya memiliki layar Super Retina XDR dengan kecerahan maksimal hingga 2.000 nits ketika berada di luar ruangan.

Layar ini diberi lapisan ceramic shield sebagai perlindungan yang juga anti air dan debu. Lapisan ini diklaim Apple lebih kuat dibandingkan lapisan pelindung di ponsel lain.

Pada bagian kamera, kedua varian ini mendapat pembaruan pada kamera utama. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus kini dibekali kamera utama 48MP yang mempunyai kemampuan optical zoom 2x.

Performa pada ponsel ini ditopang olah chipset A16 Bionic yang sebelumnya digunakan untuk iPhone 14 Pro.

Apple juga menyematkan sejumlah fitur baru pada ponsel teranyarnya, salah satunya adalah fitur untuk kondisi darurat yang bernama “roadside assistance via satellite.”

BACA JUGA:  Samsung Pamerkan Teknologi Inovatif AI TV di Tech Seminar Asia Tenggara 2024

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk meminta pertolongan melalui satelit ketika mengalami masalah di jalan dan kehilangan sinyal.

Selain itu, Apple juga menyematkan teknologi Ultra Wideband generasi kedua yang meningkatkan akurasi pencarian lokasi. Dengan fitur ini pengguna dapat mencari lokasi pengguna lain yang membagikan lokasi dengan lebih mudah.

Berikut daftar harga seri iPhone 15, masih sama dengan harga seri sebelumnya saat peluncuran:

+ iPhone 15: mulai dari US$799 atau Rp12,26 juta (varian 128GB)
+ iPhone 15 Plus: mulai dari US$899 atau Rp13,8 juta (varian 128GB)