Budidaya Maggot BSF Untuk Pemula di Rumah

DEPOKPOS – Pakan alami bisa menjadi salah satu penyeimbang kebutuhan protein bagi beberapa komoditas yang membutuhkan maggot.

Maggot menjadi salah satu komoditas yang sangat menarik dikembangkan, terlebih trendnya terus berkembang dari hari ke hari.

Bagaimana cara budidaya maggot BSF tanpa bau agar tidak mengganggu kenyamanan Anda? Tenang, disini Anda bisa mendapatkan tips dan cara ternak maggot pemula tanpa bau, dan minim kematian. Apa saja? Yuk simak penjelasannya.

Peluang Usaha Maggot

Jangan anggap budidaya maggot sebelah mata, sebab saat ini bisa mendatangkan omzet lebih dari 10 juta perbulan.

Ini sejalan dengan salah satu petani maggot dari kota bekasi. Dilansir dari antaranews.com omzet bahkan mencapai 12 juta perbulan.

Selain diperuntukkan untuk pakan alami, maggot juga memiliki kualitas bagus untuk menguraikan sampah.

Saat ini, maggot memiliki peluang usaha yang sangat besar, mengingat usaha peternakan dan perikanan yang membutuhkan maggot juga sedang meningkat. Ini dikarenakan maggot disebut-sebut sebagai pakan yang sangat baik untuk usaha peternakan dan perikanan.

Sebab, maggot merupakan pakan yang mengandung protein tinggi. Komponen protein ini memiliki peranan sangat penting untuk proses pembentukan jaringan tubuh dan membantu proses metabolisme vital tubuh ternak/ikan, seperti enzim, hormon dan antibodinya.

Oleh karena itulah, Anda bisa menjual maggot ke seluruh peternak sebagai pakannya.

Apa Itu Maggot?

Maggot yang terbaik untuk dibudidayakan sebagai pakan adalah dari jenis BSF. BSF ini adalah lalat (Diptera) yang berasal dari keluarga Stratiomyidae dan berasal dari daerah subtropis dan tropis.

Siklus hidup maggot ini terdiri dari 5 fase, yaitu telur, larva, prepupa, pupa dan dewasa. Lama siklus hidup ini adalah antara 38-41 hari.

Selama masa itu, satu lalat betina dewasa bisa menghasilkan telur hingga 500 butir. Dengan lama telur menetas adalah 4-5 hari.

Pakan maggot ini sangatlah mudah, karena Anda hanya perlu memberikan pakan dari limbah organik rumah tangga (limbah sayuran, buah-buahan, limbah peternakan, dan limbah pengolahan makanan).

Oleh karena itulah, maggot ini bisa menjadi solusi dalam pengolahan limbah organik, agar tidak menumpuk dan meningkatkan kadar amoniak di tempat pembuangan akhir.

Kemampuan 1 larva dalam menghabiskan pakan limbah organik adalah sebanyak 25 mg-500 mg/hari. Ukuran larva maggot saat panen adalah sekitar 27 mm, lebar 6 mm, dan berat 220 mg.

Keunggulan Penggunaan Maggot BSF Untuk Ternak

Anda yang ingin membudidayakan maggot BSF, tentu harus mengetahui keunggulan lainnya selain menjadi pakan ternak. Dilansir dari medpub.litbang.pertanian.go.id berikut ulasan selengkapnya:

Pemanfaatan larva BSF dapat mengurangi dampak penumpukan sampah organik, dan juga dapat mengurai limbah organik. Jadi membudidayakan maggot bsf ini juga berdampak bagus untuk lingkungan sekitar.

Larva BSF ini juga tidak menimbulkan bau yang menyengat, dan sangat higienis menjadi pakan alternatif.
Larva BSF juga bukan vektor suatu penyakit, jadi sangat aman untuk kesehatan manusia. Utamanya untuk budidaya tidak menimbulkan penularan penyakit.

Secara ekonomi, maggot BSF tidak dijual dalam bentuk mentahan saja namun juga bisa dikombinasikan dengan bentuk tepung untuk campuran pakan.

Sebagai sumber pakan, maggot BSF mengandung protein tinggi sebanyak 40% sampai 50% yang dimanfaatkan untuk pakan babi, ayam, hingga burung puyuh.

Cara Budidaya Maggot BSF untuk Pemula

Budidaya maggot pemula bisa dimulai dari ternak lalat BSF. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara budidaya maggot BSF:

1. Persiapkan Kandang Maggot

Kandang maggot ini berfungsi sebagai tempat BSF kawin dan memproduksi telur hingga penetasan. Untuk pemula, Anda bisa menggunakan kandang ukuran kecil.

Bahan kandang yang disarankan untuk kandang maggot adalah kayu sebagai kerangka, jaring-jaring lembut (waring) sebagai dinding kandang dan plasik UV sebagai atap. Kandang maggot ini nantinya diisi dengna rak pre pupa dan media bertelur.

Kandang bisa dibuat berbentuk seperti rumah-rumahan berukuran kecil. Ukuran kandang maggot yang disarankan adalah 2,5 m X 4 m X 3 m, atau sesuai besaran lahan yang Anda miliki.

kandang maggot

Rata-rata populasi BSF yang bisa ditampung setiap 10 cm2 adalah 40-50 ekor. Anda bisa menyesuaikan besaran kandang dengan kemampuan Anda dalam memproduksi maggot di setiap periodenya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait