5 Tips Agar Aktivitas Menjadi Produktif

DEPOKPOS – Seringkali terjadi dalam kehidupan seseorang untuk bisa hidup berproduktif. Apa itu produktif ? Produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha. Ketika kamu mencoba ingin produktif, itu artinya kamu mencoba untuk mencapai tujuan dan bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting lainnya.

Dan aktivitas produktif ini bukan untuk para orang dewasa saja,tapi berlaku untuk para remaja maupun yang masih sekolah. Remaja produktif adalah mereka yang peduli pada hal-hal yang membuat diri mereka berkembang, terutama untuk masa depan. Maka dari itu, sebelum kamu terus menua, yuk kembangkan diri dan potensi yang kamu punya dengan melakukan hal-hal produktif.

Berikut 5 Tips Agar Menjadi Produktif :

Disiplin

Kedisiplinan adalah satu kunci kesuksesan seseorang. Kalau kamu ingin sukses dan menjadi remaja produktif, maka kamu harus bersikap disiplin. Sikap disiplin membantu kamu untuk tetap fokus pada tujuan dan melatih tanggung jawab. Nah, disiplin adalah salah satu tips menjadi lebih produktif.Hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melatih kedisiplinan dengan merapikan tempat tidur, tidur tepat waktu dan tidak begadang, merapikan tempat tidur, dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut juga termasuk ke dalam tips produktif di rumah yang bisa kamu lakukan,seperti hal nya rutin untuk bangun di pagi hari.

BACA JUGA:  Tari Topeng Betawi: Tradisi Seni Teater Pertunjukkan Masyarakat Betawi

Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Cara menjadi remaja yang produktif juga bisa kamu lakukan dengan mencoba hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Lakukan apa pun yang kamu suka selama itu berdampak baik bagi masa depanmu.Apalagi kalau kamu masih clueless dengan kemampuan yang kamu punya, eksplorlah hal-hal yang menyenangkan. Siapa tahu dengan mencoba hal baru, kamu bisa menemukan passion-mu.Misalnya kamu bergabung dengan komunitas yang memiliki interest yang sama denganmu. Kamu akan mendapat kesempatan atau pengalaman baru, menambah pertemanan, dan skill baru.Skill yang perlu dimiliki remaja tidak terpaku pada hard skill saja, namun soft skill juga perlu dikembangkan. Kemampuan komunikasi yang baik, leadership, dan lain sebagainya adalah soft skill yang akan sangat berguna untukmu.

BACA JUGA:  Silat Betawi: Tradisi Maen Pukulan Masyarakat Betawi

Manfaatkan Tools untuk Produktivitas

Zaman sekarang banyak sekali aplikasi yang sudah menyediakan fitur agar aktivitas bisa terpantau dan menjadi pengingat.

Gunakan Metode SMART

Metode S.M.A.R.T. adalah strategi yang menggabungkan beberapa faktor agar jadi lebih okus untuk meningkatkan peluang dalam mencapai target. Kamu bisa menerapkan ini kalau kamu ingin menjadi seorang remaja produktif. Bagaimana sih metode SMART? Simak berikut ini!

Spesific (Spesifik)
Saat akan melakukan suatu kegiatan, kamu perlu merinci tujuannya secara spesifik dan terperinci. Kegiatan dengan tujuan yang spesifik membantu kamu untuk bisa lebih fokus, lho. Kamu juga bisa merinci alasan mengapa harus mengerjakan kegiatan tersebut dan mengidentifikasi challenge yang mungkin akan kamu hadapi.

Measurable (Terukur)
Setelah kamu menentukan tujuan yang spesifik, selanjutnya kamu perlu memastikan kalau tujuan tersebut dapat diukur. Mengapa harus begitu? Supaya kamu bisa melihat progress dari kegiatan yang kamu lakukan.

Achievable (Bisa Dicapai)
Selanjutnya, kamu bisa membuat tujuan yang realistis sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mencapainya. Achievable adalah salah satu tahapan metode SMART untuk mencapai target. Kamu memilih dan memilah tujuan dari yang mudah untuk dicapai hingga yang susah dicapai atau perlu effort yang besar untuk mencapainya.

BACA JUGA:  Kepemimpinan dan Manajemen Tim sebagai Fondasi Kesuksesan Organisasi

Relevant (Sesuai)
Kamu pun perlu memastikan kalau kegiatan yang kamu lakukan relevan atau sesuai dengan goals yang ingin kamu capai. Sebetulnya gak ada salahnya sih untuk bersenang-senang sebentar, namun perlu ingat lagi targetmu, ya!

Timebound (Dibatasi Waktu)
Dengan adanya batas waktu atau deadline, kamu jadi lebih giat melakukan kegiatan yang sudah kamu mulai agar bisa segera mencapai target. Kamu perlu tahu kalau bagi sebagian orang deadline dapat memotivasi, lho.

Nah berikut tips diatas agar menjadi produktif,karena memiliki waktu dan pekerjaan yang produktif membuat hidup untuk masa depan menjadi terarah. Intinya lakukanlah hal yang baik untuk dirimu sendiri. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan masa muda dengan hal yang tidak memiliki value untuk masa depanmu. Contoh remaja produktif adalah mereka yang bisa memaksimalkan masa muda dengan sebaik-baiknya.