Merumput di Saudi, Ronaldo Masih Boleh Tampil di Liga Champions Eropa, Kok Bisa?

DEPOK POS – Meski Cristiano Ronaldo resmi mengakhiri kiprahnya di pentas sepak bola Eropa dengan memilih hijrah ke klub asal Arab Saudi, Al Nassr, ternyata ia masih memiliki peluang untuk beraksi di Liga Champions Eropa.

Peluang tersebut terungkap via klausul spesial dalam kontrak Ronaldo bersama Al Nassr.

Ronaldo diperbolehkan melakoni masa peminjaman bersama Newcastle United apabila the Magpies bisa finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini dan tampil di Liga Champions musim depan.

“Ronaldo dilaporkan memiliki klausul khusus dalam kontraknya bersama Al Nassr. Jika Newcastle United bisa lolos ke fase grup Liga Champions musim depan, maka Ronaldo bisa dipinjamkan ke klub yang dimiliki oleh lembaga investasi Pemerintah Arab Saudi (PIF) tersebut,” tulis laporan Marca, Selasa (3/1/2023).

BACA JUGA:  Daftar Top Skor Liga Champions Musim 2023-2024

Konsorsium yang dibentuk PIF resmi mengambil alih kepemilikan Newcastle United pada Oktober 2021. Kabarnya, PIF mengelontorkan dana sebesar 305 juta poundsterling untuk bisa mengakuisisi kepemilikan the Magpies dari pengusaha asal Inggris, Mike Ashley.

Dengan pengambilalihan tersebut, Newcastle United pun digadang-gadang menjadi klub paling kaya sejagat. Kehadiran pemilik anyar itu kemudian mendongkrak performa the Magpies, yang ditangani Eddie Howe.

Meski relatif berhati-hati dalam mengeluarkan dana transfer untuk perekrutan pemain bintang, Newcastle terbukti mampu bersaing di pentas Liga Primer Inggris musim ini. The Magpies, yang finis di peringkat ke-14 klasemen Liga Primer Inggris musim lalu, mampu bersaing di papan atas klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini.

BACA JUGA:  Barcelona Curi Poin di Kandang Napoli

Berada di peringkat ketiga, Newcastle United mengumpulkan 34 poin dari 16 laga. The Magpies unggul empat poin dari peringkat kelima.

Apabila bisa terus mempertahankan performa pada sisa Liga Primer Inggris, Miguel Almiron dan kawan-kawan pun berpeluang untuk bisa finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini sekaligus berhak tampil di Liga Champions musim depan.

BACA JUGA:  Arsenal Takluk di Kandang Porto

Dengan begitu, peluang buat Ronaldo kembali merumput di Liga Champions dengan mengaktifkan klausul dalam kontraknya bersama Al Nassr terus terjaga. Ronaldo pun bisa kembali berkiprah di Liga Champions usai absen pada musim ini lantaran kegagalan Man United finis di empat besar Liga Primer Inggris musim lalu. []