Ini Alasan 2 Gol Ronaldo ke Gawang Newcastle Dianulir Wasit

DEPOK POS – Manchester United berjumpa Newcastle pada pekan ke-11 Premier League, Minggu (16/10/2022) malam WIB. Laga di Old Trafford itu berjalan cukup seru. Hanya saja, kedua tim gagal mencetak gol hingga laga usai.

Sebenarnya, United sempat memasukkan bola ke gawang. Bahkan dua kali. Akan tetapi, keduanya dianulir wasit Craig Pawson. Apa yang terjadi dengan dua gol yang dianulir tersebut?

Pada menit ke-48, United melakukan serangan balik. Fred melepas umpan terobosan kepada Ronaldo. Dengan satu sentuhan, Ronaldo memberikan bola pada Antony. Lalu, Antony mengembalikan bola pada Ronaldo.

Ronaldo lantas melepas tendangan yang tidak mampu dibendung Nick Pope. Gol untuk United. Namun, wasit menganulir gol tersebut. Sebab, saat menerima bola dari Fred, Ronaldo sudah dalam posisi offside.

BACA JUGA:  Daftar Top Skor Liga Champions Musim 2023-2024

Lantaran Ronaldo offside, Newcastle mendapat tendangan bebas yang diambil salah salah satu bek mereka. Bola diumpan pada Nick Pope. Sang kiper belum semper menyentuh bola dan Ronaldo menyerobot umpan tersebut.

Ronaldo lalu memasukkan bola ke gawang yang kosong. Wasit Craig Pawson tidak mengakui gol tersebut. Pemain United protes bersama-sama. Lalu, apa alasan wasit tidak mengakui gol Ronaldo?

Ketika gol pertama Ronaldo dianulir karena offside, wasit Craig Pawson memberikan tendangan bebas tidak langsung atau indirect free kick. Hal itu terlihat dari kode tangan Craig Pawson yang diangkat hingga di atas kepala.

Nah, hal tersebut diatur lebih lanjut pada pasal 13 Laws of the Games IFAB musim 2022/2023. Begini bunyi aturan tersebut:

BACA JUGA:  Barcelona Curi Poin di Kandang Napoli

“Wasit menunjukkan tendangan bebas tidak langsung dengan mengangkat tangan di atas kepala; sinyal ini dipertahankan sampai tendangan telah dilakukan dan bola menyentuh pemain lain, keluar dari permainan atau jelas bahwa gol tidak dapat dicetak secara langsung.

Tendangan bebas tidak langsung harus diulang jika wasit gagal memberi isyarat bahwa tendangan tidak langsung dan bola ditendang langsung ke gawang.”

Jika melihat tayangan ulang, Craig Pawson jelas memberikan tendangan bebas tidak langsung. Craig Pawson mengangkat tangan di atas kepala. Kode itu masih dipertahankan saat bola ditendang bek Newcastle.

Pada kasus tendangan bebas tidak langsung, bola baru bisa direbut setelah pemain kedua menyentuh bola. Pada kasus ini, pemain kedua adalah Nick Pope. Namun, Pope sama sekali belum menyentuh bola.

BACA JUGA:  Arsenal Takluk di Kandang Porto

Craig Pawson masih dalam kondisi mengangkat tangan ketika bola diumpan pada Pope. Hal itu bisa dilihat pada tayangan ulang. Mungkin, pemain United tidak menyadari kode yang diberikan Craig Pawson.