Ada Job Fair di PGC Cililitan di Job Fair PGC Ciliitan

DEPOK POS – Sebanyak 3.000 lowongan kerja dibuka dalam job fair yang digelar Sudin Tenaga Kerja,Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Timur di PGC Cililitan Kramat Jati, Jakarta Timur. Kegiatan dibuka Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar dan dihadiri Kadisnakertrans DKI, Andri Yansyah.

Kegiatan yang berlangsung Selasa (11/10) hingga Rabu (12/10), diikuti 37 perusahaan swasta dan tiga pusat pelatihan kerja di bawah naungan Dinas Nakertransgi DKI Jakarta.

Wali kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan dunia usaha untuk mengatasi masalah pengangguran. Melalui job fair ini, lanjut Anwar, banyak peluang kerja yang dapat diambil warga pencari kerja.

“Kesempatan bekerja di perusahaan itu peluangnya banyak. Namun masyarakat yang mencari kerja juga banyak. Jadi kalau tidak masuk, bisa mengikuti pelatihan kerja atau membuka wirausaha baru dengan ikuti pelatihan sesuai keinginan,” papar Anwar, Selasa (11/10).

Kadis Nakerttans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah menjelaskan, kegiatan job fair ini merupakan yang ketiga kalinya dan terakhir di Jakarta Timur pada tahun ini. Ia berharap kegiatan ini dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi dari sebelumnya.

“Saya titip pesan pada para pimpinan perusahaan, agar dibantu para pencari kerja. Kalau syaratnya kurang sedikit mohon diterima saja. Kemudian kalau skillnya mau ditingkatkan kita memiliki pusat pelatihan kerja untuk up grade kemampuan mereka agar lebih meningkat,” ungkap Andri Yansyah.

Sementara, Kasudin Nakertrans dan Energi Jakarta Timur, Galuh Prasiwi menambahkan, job fair ini diikuti sejumlah perusahaan besar. Di antaranya PT Lulu Grup, PT Transjakarta, PT Bank BCA, PT Yamaha Musik Indonesia dan sejumlah perusahaan lainnya.

Menurut Galuh, antusiasme warga ikut job fair selama ini cukup besar. Pada job fair pertama, 28-29 Juli 2022 di PGC Cililitan, tercatat ada 3.933 orang hadir. Dari jumlah itu, yang terserap bekerja di beberapa perusahaan swasta ada 866 orang.

Kemudian job fair kedua pada 1-2 September 2022 di Tamini Square diikuti 5.017 orang pencari kerja. Yang diterima ada 429 orang di sejumlah perusahaan. Jumlah ini diprediksi masih bertambah lagi karena saat ini sedang proses seleksi di perusahaan.

“Kegiatan job fair ini sangat efektif membantu mengatasi angka pengangguran,” tandasnya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait