Shopaholic, Penyakit Kecanduan Belanja yang Tak Terkontrol

Shopaholic, Penyakit Kecanduan Belanja yang Tak Terkontrol

Shopaholic merupakan gangguan psikologis

DEPOK POSShopaholic merupakan perilaku adiktif yang disebut dengan shopping addiction atau kecanduan belanja, yaitu seorang yang memaksa dirinya sendiri untuk berbelanja dengan tidak terkontrol atau melebihi batas limit yang seharusnya.
Seorang shopaholic pada dasarnya mereka akan senang dengan apa yang dirsakan pikiran mereka pada saat berbelanja tidak peduli barang itu sangat di butuhkan atau tidak maupun sangat penting atau tidak penting.
Dan terkadang mereka merasa emosial dan menjadikan belanja adalah sebiah mekanisme untuk bertahan hidup. Orang – orang yang mengalami shopaholic sering kali merasa cemas, kegelisahan, dan deprsi saat keiinginannya untuk membeli sesuatu tidak terpenuhi
Shopaholic merupakan gangguan psikologis yang di golongkan sebagai penyimpangan obsesif compulsive disorder atau yang biasa kita kenal dengan kata OCD. Ganguan obsesif compulsive adalah pikiran obsesif atau pemikiran yang secara berulang – ulang selalu ingin di lakukan sebab kalau seorang penggangu OCD tidak dapat melakukan apa yang dia inginkan maka orang itu akan merasa tersiksa merasa cemas.
Penyebab seorang individu yang menderita shopaholic menyebab gaya hidup hedonis dan mempersepsi bahwa manusia adalah human having serta mengalami kecemasan scera berlebihan. Penderita OCD yang sudah masuk ketahap yang sangat sulit untuk dikendalikan dapat diatasi dengan upaya terapi Cognitif Behavioral Theraphy terapi ini dapat mengurangi kecemasan yang secara berlebihan sekaligus mengendalikan pikiran yang secara tidak logis dalam hal belanja.

Penyebab shopaholic dan cara mengatasinya

Penyebab shopaholic

Beberapa orang mengatakan salah banyaknya penyebab seseorang menjadi shopping addict dikarenakan pada saat masa kecil mereka merasakan hal yang kurang baik seperti kurang bahagia, merasa ditolak, kurang di perhatikan dan hal yang utama adalah tidak mendapatkan apa yang diinginkan.
Sehingga pada saat di waktu dewasa ia dan merasa financial yang sangat mencukupi meraka akan membalaskann hasratnya yang dulu tidak tersampaikan ada banyak faktor yang membuat orang menjadi seorang shopaholic dari beberapa faktor eksternal yaitu keluarga, teman dan banyak orang yang lainya, serta dari faktor internal dapat dilihat dari usia.

Cara mengatasi shopaholic

Jika seorang shopaholic yang sudah susah untuk diatasi ada salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengontrol dirinya , mengontrol diri adalah pengaturan proses – proses fisik , psikologi, dan perilaku seseorang dengan kata untuk membentuk dirinya sendiri. [Alysa Laila Salma]

Pos terkait