3 Keuntungan Luar Biasa Shalat Subuh Berjamaah

Ada tiga keuntungan yang luar biasa yang akan Allah SWT berikan kepada orang-orang yang rajin shalat subuh berjamaah di masjid dengan hati ikhlas dan niat yang tulus hanya karena mengharapkan ridho Allah SWT, yaitu:

Terlepas dari sifat munafik

Terlepas dari sifat munafik berarti terlepas atau terbebas dari sikasa api neraka yang paling bawah. Dan inilah keuntungan yang sangat luar biasa yang akan Allah SWT berikan bagi orang-orang yang rajin shalat subuh berjamaah di masjid.

Firman Allah SWT dalam surat An-Nisa ayat 145:

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu ( ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.” (QS. An-Nisa: 145)

Dari Abu Hurairah r.a dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: ‘’ shalat yang dirasakan paling berat bagi orang orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak mengahdiri shalat, lantas Abu Bakar rumah-rumah mereka’’. (HR. Bukhari dan Muslim)

Balasan melebihi dunia dan segala isinya

Keuntungan yang ke-2, sangatlah dahsyat. Jangankan Shalat Subuh, Shalat Sunnah qobliyah subuh saja akan mendapatkan balasan melebihi dunia dan segala isinya.

Nabi SAW bersabda:

‘’Dua rakaat fajar ( shalat Sunnah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.’’(HR. Muslim, Ahmad, Tirmizi, dan An-Nasai)

Balasan yang akan diterima jika kita melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di masjid akan melebihi balasan dari shalat Sunnah qobliyah subuh. Inilah keuntungan yang sangat dahsyat yang akan diterima oleh orang-orang yang akan melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di masjid. Allah maha menepati janji.

Shalat sepenuh malam

Balasan yang ke-3 ialah, bahwa Shalat Subuh berjamaah di Masjid dinilai Allah SWT Seperti Shalat Sepenuh Malam.

Utsman bin Affan berkata:

Aku mendengar Rasulullah SAW Bersabda: ‘’Barangsiapa yang shalat isya berjamaah maka seolah-olah dia telah Shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, maka seolah-olah dia telah Shalat seluruh Malamnya.’’ (HR. Muslim)

Betapa besar kasih sayang Allah kepada Hamba-nya yang beriman dan taat melaksanakan perintah-Nya, serta seruan Nabi-Nya. Sungguh merupakan keuntungan yang luar biasa, manakala kita dapat melaksanakan perintah-perintah Allah SWT Tersebut.

Karenanya tidaklah heran jika kasih sayang yang Allah SWT kepada hambanya yang taat, membuat iblis dan syetan laknatullah sangat cemburu dan sangat iri hati kepada manusia. Iblis dan setan laknatullah menggunakan segala cara untuk memperdaya manusia agar masuk dalam perangkapnya. Sehingga manusia tidak akan dapat memperoleh keuntungan yang luar biasa seperti tersebut di atas. Bahkan iblis dan setan laknatullah melalui tipu dayanya selalu membujuk manusia agar menjadi durhaka serta menjauhkan diri dari Allah SWT. Naudzubillah

Oleh: Ana Rohana (Mahasiswa STEI SEBI)

Komentar

Berita lainnya