Pentingnya Menentukan Tujuan Hidup Sejak Dini

Hidup harus memiliki tujuan, sebab dengan adanya tujuan kita bisa menentukan jalan mana yang harus kita lalui dan apa saja yang harus kita persiapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Secara sederhana tujuan hidup bisa juga disebut dengan cita-cita, ketika kita masih Sekolah pasti kita pernah ditanya tentang apa cita-cita kita, biasanya ada yang menjawab dengan serius dan ada juga yang menjawab dengan asal bahkan terkadang ada yang masih bingung dengan cita-citanya. Sebagian orang menganggap bahwa cita-cita atau tujuan hidup tidak terlalu penting karna mereka menganggap cita-cita adalah sesuatu yang terjadi di masa depan sehingga tidak perlu mereka pikirkan dari sekarang, mereka menganggap hidup itu seperti air yang mengalir, tinggal mengikuti kemana arus membawa.

Hidup tanpa tujuan seperti bermain bola tanpa gawang, mungkin kita bergerak kesana-kemari tetapi tidak memiliki tujuan yang jelas, kita melakukan segala aktivitas kehidupan tetapi tidak tahu tujuannya untuk apa, karna tidak ada tujuan hidup yang harus dikejar maka tidak ada motivasi sehingga hidup terasa hampa. Namun, dengan memiliki tujuan hidup yang jelas kita bisa melakukan segala aktivitas yang mendukung untuk mencapai tujuan hidup kita sehingga kita tidak perlu melakukan hal-hal yang sia-sia, dengan memiliki tujuan hidup membuat kita memiliki sesuatu yang harus dikejar sehingga akan timbul motivasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebelum menentukan tujuan hidup atau cita-cita, kenali terlebih dahulu diri kita, apa potensi yang kita miliki, apa kelebihan dan kekurangan yang kita punya, apa saja hal-hal yang kita sukai, hal-hal apa yang kita kuasai dan bagaimana karakter diri kita. Setelah mengenali potensi apa yang kita miliki, maka tentukanlah cita-cita apa yang kita inginkan berdasarkan potensi yang kita miliki. Secara garis besar cita-cita itu terbagi kedalam tiga jenis, yaitu akademisi (pengajar), praktisi (pelaksana) dan entreprenuer (pengusaha), tentukanlah kita ingin menjadi apa dari tiga pilihan tersebut.

BACA JUGA:  OPINI: Pilpres 2019, Mitos atau Realitas?

Setelah menentukan apa cita-cita kita, maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan diri kita untuk mencapai cita-cita tersebut dari sekarang dengan hal-hal yang kita bisa. Tentukan jalur pendidikan mana yang harus kita tempuh untuk mencapai cita-cita kita, jangan sampai kita salah jurusan, ikutilah organisasi-organisasi atau komunuitas-komunitas yang mendukung dan searah dengan cita-cita kita.

BACA JUGA:  OPINI: Quick Count dan Akal Sehat

Jika kita ingin menjadi akademisi (pengajar), maka perbanyaklah membaca buku agar pengetahuan kita menjadi luas, pahami teori-teori, belajar berbicara didepan orang banyak, latih public speaking, latih kemampuan berkomunikasi dan coba untuk belajar menjadi guru les atau guru privat bagi tetangga, lakukanlah sebisa kita walaupun hanya dengan hal-hal kecil. Jika kita ingin menjadi praktisi (pelaksana) maka perbanyaknya pengalaman kerja, ikutilah jika ada kegiatan magang diperusahaan, latih kemampuan bekerja sebagai tim, latih kemampuan bekerja dibawah tekanan, belajar melakukan pekerjaan dengan cepat dan tepat, ambilah setiap kesempatan yang bisa memberikan kita pengalaman dalam bekerja, sekalipun hanya pekerjaan yang sederhana.

BACA JUGA:  OPINI: Pilpres 2019, Mitos atau Realitas?

Jika kita ingin menjadi entreprenuer (pengusaha), maka belajarlah berjualan dari sekarang walapun hanya dengan berjualan pulsa misalkan yang untungnya kecil, atau apapun sebisa kita, belajarlah cara memasarkan suatu produk, perbanyak kenalan atau relasi, atau selain berjualan kita juga bisa menawarkan jasa.

Setelah kita mengenali diri kita, lalu menentukan cita-cita kemudian melakukan persiapan, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah semangat pantang menyerah, karna jalan untuk mencapai cita-cita kita bukanlah hal yang mudah, akan banyak halangan dan rintangan, akan ada persaingan dan hal-hal lainnya, namun kita harus tetap berusaha untuk mengejar cita-cita kita sampai kita mendapatkannya. Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk menentukan tujuan hidup sejak dini, cita-cita tersebut memang akan terjadi di masa depan namun cita-cita bukanlah sesuatu yang harus ditunggu tetapi sesuatu yang harus dibuat dan dipersiapkan dari sekarang.

Oleh: Dani Ramdani, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI

Komentar

Berita lainnya