Kembangkan Potensi SDM Wilayah, Swaradesa Gelar Pelatihan Jurnalistik

BOGOR – Didasari bentuk Keperdulian terhadap Dunia pers, Swaradesa.com membidik para pemula insan pers yang berkembang di berbagai pelosok wilayah Kabupaten Bogor untuk terus mengembangkan kemampuan dalam dunia jurnalistik.

Atas dasar tersebut, swaradesa.com bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) jurnalistik dalam konteks kajian dasar jurnalis dan jurnalistik 2019 telah digelar di Hotel Orri Citereup, Bogor belum lama ini.

Antusias peserta yang sangat tinggi ditandai dengan hadirnya ratusan peserta yang terdiri dari berbagai desa di kabupaten Bogor sehingga acara dibagi dalam dua sesi karena terbatasnya kapasitas tempat acara.

Ghani Al Mira selaku pimpinan umum Swaradesa.com mengatakan dunia pers bukan hal tabu, bahkan perkembangan digital menjadi tolak ukur perkembangan suatu Negara.

“Dengan kemajuan jaman kita sebagai mahkluk sosial, sudah tentu harus juga mengikuti perkembangan itu. Begitu juga dalam dunia media, dengan perkembangan jaman, sudah jarang orang melirik media cetak, “ujarnya.

Acara yang juga dihadiri Sekertaris Diskominfo, Dr. Kardenal yang hadir mewakili Bupati Bogor, Kesbangpol, Sudjana dan para narasumber dari kalangan pers.

“Kami menyambut baik acara yang digelar oleh swaradesa.com, semoga apa yang diselenggarakan hari ini menjadi bermanfaat dan berguna, sehingga menjadi dasar seorang jurnalis yang handal dan dapat dipercaya, ” jelas Kardinal.

Lebih lanjut, Kardinal mengharapkan sinergitas antara Pemkab Bogor dengan Swaradesa.com harus terus terjalin.

Sementara Kesbangpol Kabupaten Bogor, Sudjana mengapresiasikan atas dilaksanakannya kegiatan tersebut. Ia menilai acara seperti ini harus terus digalakan guna meningkatkan SDM yang memiliki intelektual berpikir dalam dunia wartawan.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan paparan para pembicara, yang hadir mengisi acara antara lain; Mustofa Hadi Karya (Opan) selaku Sekretaris Eksklusif Majelis Pers (MP), Muhammad Ihsan (San) selaku pimpinan Pos Media Group menerangkan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta Hugeng Ketua Kajian dari Forum Pres Independen Indonesia memaparkan apa itu 5W 1H dan dasar hukum kewartawanan.

Komentar

Berita lainnya