Tencent Pamerkan Ekosistem Cloud Global untuk Pengembang Game di Ajang GDC 2019

SAN FRANCISCO — Tencent mendorong para pengembang game untuk berpikir lebih jauh di ajang 2019 Game Developers Conference (GDC). Pada ajang tersebut, Tencent akan berbagi wawasan industri dan solusi teknologi inovatif yang telah membantu berbagai games terkenal seperti PUBG Mobile, Arena of Valor dan King of Avalon untuk berkembang dalam pasar game terbesar di seluruh dunia. Tencent akan berfokus pada solusi yang berbasiskan cloud dalam pengembangan dan kegiatan operasional game di konferensi tahunan yang berlangsung pada 18-22 Maret di San Francisco tersebut.

Infrastruktur cloud global kelas dunia milik Tencent Cloud saat ini menjalankan 53 zona ketersediaan di 25 negara dan wilayah di seluruh dunia, menawarkan konkurensi tinggi, rapid elastic expansion, anti-DDoS protection, dan solusi yang dapat disesuaikan dengan berbagai aliran game. Dengan memanfaatkan kekayaan pengalaman Tencent dalam litbang (R&D) game dan operasional selama dua dekade terakhir, solusi ini merupakan puncak dari upaya Tencent dalam beberapa tahun terakhir untuk mengonsolidasikan teknologi intinya dan menawarkannya kepada pengembang lain.

Di antaranya adalah Game Multimedia Engine (GME), menyediakan fitur multiplayer voice chat, pesan suara (voice messaging), konversi suara-ke-teks (voice-to-text) dan berbagai fitur seperti 3D positional voice untuk gaming serta beberapa aplikasi lainnya, dan Global Application Acceleration Platform (GAAP). Hal itu mengurangi latensi dan mendorong tercapainya kinerja terkemuka di industri untuk game dan aplikasi interaktif secara real-time, terutama yang melayani banyak pengguna secara bersamaan dalam jarak geografis yang berjauhan.

Baik GME maupun GAAP telah digunakan di banyak game populer hingga saat ini. Salah satu game paling terkenal yang menggunakan GAAP adalah Arena of Valor dari Tencent, game free-to-play nomor dua terlaris pada 2018 setelah Fortnite. Selain itu, PUBG MOBILE, pemenang 2018 Joystick Awards pada kategori Mobile Game of the Year dan King of Avalon, memiliki lebih dari 60 juta pengguna terdaftar secara global adalah dua game lain yang menggunakan GAAP demi meningkatkan pengalaman pengguna.

Solusi milik Tencent memastikan gameplay yang berkualitas dan konsisten bagi kalangan gamers di seluruh dunia, termasuk di Tiongkok, tempat Honor of Kings dan PUBG MOBILE luar biasa populer. Pasar online game di Tiongkok diramaikan lebih dari 500 juta pemain aktif dan diperkirakan akan tumbuh hingga US$42 miliar, atau 27% dari pasar global, dalam waktu dekat. Ekosistem milik Tencent Cloud menyajikan akses unik ke pasar ini, menawarkan integrasi yang mulus dengan platform dan layanan divisi bisnis lain milik Tencent.

Dua di antaranya, Tencent Games dan platform media sosial WeChat, juga akan menampilkan penawaran mereka bagi sektor game di ajang GDC.

Tencent Games Common R&D and Operation System (CROS) akan berbagi wawasan dan solusi menyeluruh yang mendukung pengembang game untuk mengembangkan game secara efisien. Sebagai mitra dari banyak pengembang game terkemuka dunia, Tencent Games CROS telah mendukung lebih dari 200 games. WeChat akan memperkenalkan platform Mini Games miliknya, game tambahan milik aplikasi terkenal asal Tiongkok tersebut yang memadukan pesan instan dengan platform pembayaran dan fungsi lainnya.

“GDC akan menjadi acara terpenting kami selama beberapa tahun ini,” ujar Jack Da, Vice President, Tencent Cloud International. “Dalam beberapa tahun terakhir kami telah melihat kemajuan luar biasa dalam mobile gaming, terutama di pasar Tiongkok, dan kami yakin bahwa sebagian besar dari apa yang kami bagikan akan bermanfaat bagi pihak lain yang ingin mengakses pasar ini.

“Rangkaian layanan kami yang berbasiskan cloud akan mendukung games di seluruh siklus hidupnya, dan saat ini mendukung kinerja game yang kaya fitur dan hemat biaya bagi sejumlah game tersukses di pasaran. Meski harapan para gamer terus meningkat, kami mendorong pengembang untuk berpikir lebih jauh dalam mencari cara agar game dapat tetap inovatif dan menarik di masa depan.”

Komentar

Berita lainnya