Pengenalan Ekonomi Syariah ke Sekolah Melalui GES Goes To School

DEPOK – GES Goes To School atau yang biasa disebut GGS adalah salah satu dari banyaknya rangkaian acara Gebyar Ekonomi Syariah ke-13. Gebyar Ekonomi Syariah sendiri sudah terselenggara sebanyak 12 kali, dan tahun ini kembali hadir dengan tema “Indonesia Kreatif”. Gebyar Ekonomi Syariah adalah salah satu acara besar dengan lingkup nasional yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI. Tujuan acara ini adalah untuk membumikan ekonomi syariah agar dapat dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

BACA JUGA:  Mahasiswa UP Lakukan Giat Bersih Ciliwung

GES Goes To School ke SMK Triguna adalah yang pertama dalam rangkaian GGS tahun ini. GGS bertujuan untuk memberikan edukasi tentang ekonomi syariah kepada pelajar. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC dan dilanjut sambutan oleh Fathi Yakan selaku Steering Committee. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan tentang acara Gebyar Ekonomi Syariah. Beliau juga memberitahu rangkaian lomba eksternal yang memang ditujukan kepada siswa/i SMK sederajat.

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi mengenai Ekonomi Islam oleh Fatimah selaku mahasiswi STEI SEBI. Beliau memaparkan sistem ekonomi dunia seperti Kapitalis, Komunis, dan Sosialis yang sangat bertolak belakang dengan sistem ekonomi Islam. “Ekonomi islam adalah sistem perekonomian yang menggunakan prinsip-prinsip syariat islam dan bertujuan untuk mencapai falah atau kemenangan, itu yang membuatnya bertolak belakang dengan sistem ekonomi yang lain”, jelas Fatimah.

BACA JUGA:  Peringatan Hari Bumi ala Mahasiswa Universitas Lampung

Selain itu, Fatimah juga mengajak siswa/i SMK Triguna untuk berdiskusi mengenai contoh jual beli yang dilarang dan memberi pemahaman tentang riba. Dan dapat dilihat bahwa mereka sangat antusias dan paham atas materi yang disampaikan. Selanjutnya ajakan untuk mengikuti lomba dan dijelaskan rincian terkait lomba eksternal yaitu Olimpiade Ekonomi Syariah Nasional, Millenial Entrepreneur Competition, Lomba Videografi, dan Lomba Nasyid dengan hadiahnya yaitu kesempatan mendapat beasiswa 100% di STEI SEBI.

Komentar

Berita lainnya