Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak Lakukan Studi Pedagogi ke Malaysia

Bertujuan untuk “mengintip” dan saling bertukar pikiran tentang teknik manajemen pendidikan dan studi pedagogi yang dipraktikkan institusi pendidikan di Malaysia, sebanyak 20 mahasiswa S3 Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) melakukan studi pedagogi ke Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Islamic International University Malaysia (IIUM), Sekolah Al Amin, dan Sekolah Adni pada 26 Feb – 2 Maret 2019.

Dibimbing oleh Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardhienata, Direktur Pascasarjana Unpak dan Dr. Eri Sarimanah, M.Pd., studi pedagogi ini dianggap dapat menambah wawasan dan keterampilan teknis mahasiswa dalam mengelola proses belajar mengajar dan strategi manajemenen pendidikan yang lebih aplikatif dan kompetitif sesuai dengan dinamika revolusi industri 4.0.

“Studi pedagogi ini, kami lakukan agar dapat melihat langsung manajemen pendidikan di kampus dan sekolah terkemuka di Malaysia. Sehingga kami dapat membandingkan dengan parameter pendidikan yang ada di Indonesia. Kami berharap ada beberapa judul disertasi yang terinspirasi dari studi banding kali ini” ujar Syarifudin Yunus, salah satu mahasiswa S3 Unpak yang menjadi peserta didampingi Harris (Ketua Panitia) dan Arif Fadhilah (Ketua Kelas).

Melalui studi pedagogi bertajuk “Xplore Education”, mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak sebagai calon doktor harus dapat menerjemahkan program pembelajaran ke dalam unit proses belajar-mengajar yang efektif. Selain itu, pendidikan pun harus dijalani dengan sepenuh hati, penuh kelembutan dan kasih sayang dalam mencapai tujuan belajar.

“Selaku pimpinan Pascasarjana Unpak, kami sangat apresiasi inisiatif mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Angkatan 2018 ini. Selain bisa memperoleh pengalaman langsung dari kampus terkemuka di Malaysia, harapannya mahasiswa dapat memperkuat riset pendidikan dan belajar dari kelebihan perguruan tinggi di Malaysia seperti UKM dan IIUM. Agar mereka dapat memperbaiki praktik pendidikan yang dijalaninya sehari-hari” ujar Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardhienata di Kuala Lumpur.

Studi pedagogi merupakan cara yang dipilih mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak untuk menambah pengetahuan dan wawasan konsep pendidikan berskala internasional, di samping dapat merasakan first hand experience alias pengalaman langsung tentang tata kelola manajemen pendidikan dan proses pembelajaran yang kompetitif. Malaysia dipilih karena memiliki universitas dan sekolah yang unggul dalam model pembelajaran dan riset.

Sebagai calon doctor Manajemen Pendidikan, mahasiswa sangat perlu membangun tradisi akademis yang tidak hanya kuliah di dalam kelas. Namun, mau belajar dari keberhasilan universitas lain dalam mengelola pendidikan. Karena pendidikan adalah senjata yang memiliki kekuatan untuk mengubah dunia, di samping menjanjikan harapan baru.

Maka studi pedagogi yang dilakukan pun pada akhirnya dapat memperkuat tradisi akademik mahasiswa secara lebih berkualitas.

Komentar

Berita lainnya