Arena Perkemahan Ceria SDN Cilangkap 3

DEPOK – Jika anda waktu sekolah dulu pernah menjadi anggota Pramuka, pasti anda pernah mengikuti kegiatan berkemah. juga pernah mengikutinya dimana selama beberapa hari kita diharuskan “tinggal sementara” di salah satu wilayah perkemahan yang ada di Indonesia, misal kalau yang tinggal di Jakarta bisa ke Bumi Perkemahan Cibubur ataupun kegiatan dilaksanakan dekat halaman sekolah Tentunya acara perkemahan ini diisi dengan berbagai macam kegiatan. Banyak suka dan duka yang kita dapat selama berkemah,

Gerakan Pramuka SD Negeri Cilangkap 3 Kp. Banjaran Pucung Cilangkap Tapos Depok Gugus Depan (Gudep) 09.019 – 09.020 mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) tingkat Siaga Kegiatan yang dipusatkan di depan halaman sekolah tersebut dilaksanakan selama dua hari satu malam (16-17) itu diikuti oleh 310 siswa peserta hanya kelas 4,5,6 Persami tersebut dibuka langsung pihak staff kwartir ranting tapos bagian abdimas (abdi masyarakat) ka Muhammad Doni Sabtu (16/3). Dalam amanatnya, Ka Doni menyampaikan, tujuan diselenggarakannya persami untuk tuangkan kreativitas kalian dalam disiplin seorang anggota pramuka dan selalu jaga kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Karakter pramuka siaga cukup unik. Pribadi aktif dan tak pernah diam. Masih berada di kisaran usia di bawah 10 tahun, dunia anak-anak yang masih sangat dominan menjadi titik tumpu kegiatan ini. Maka, bukan kegiatan yang mengekang dan mengharuskan untuk menerima peraturan ketat yang menjadi tumpuan kegiatan. Tapi, kegiatan yang bisa mengendalikan egoisme, merasa memiliki teman, peduli, dan dapat mengekspresikan keaktifannyalah yang merupakan tumpuan kegiatan ini. Menarik dan menyenangkan, namun tetap memberi semangat nilai-nilai pramuka.

BACA JUGA:  Pendaftaran Audisi Festival IslamicTunes Resmi Dibuka

Bu sugiarti pihak guru mengatakan, kegiatan persami merupakan agenda rutin tahunan. “Pesertanya merupakan siswa kelas 4,5,6 yang menjadi anggota pramuka. Persami digelar sebagai ajang silaturrahmi dalam mempererat tali persaudaraan sesama anggota pramuka refresh dan mengenal pramuka lebih dalam tak hanya teori bahkan praktek” ucapnya.Selain itu Ka Rahmat Damar Pamuji selaku pembina serta pelaksana kegiatan mengatakan “tujuan diadakan persami untuk pembinaan mental serta evaluasi agenda latihan mingguan pramuka”.

BACA JUGA:  Warnai HUT Depok ke-20, Pemkot Gelar Lomba Hias Gapura

Dengan adanya kegiatan ini berharap muncul kader-kader baru dari siswa yang memiliki keterampilan, serta kreativitas anggota pramuka sehingga nantinya Pramuka SD Negri Cilangkap 3 menjadi contoh dari gudep lainnya di wilayah Depok yang rutin menyelenggarakan kegiatan kepramukaan. Ditambahkannya rangkaian kegiatan persami mulai dari pembukaan, evaluasi materi kepramukaan yang telah didapat pada latihan, malam api unggun dan dilanjutkan keesokan hari dengan bakti sosial serta dan color fun, penutupan kegiatan. (Amir Seto Aji)

Komentar

Berita lainnya