Peringati HPSN 2019, Komunitas Ciliwung Depok Kembali “Bebenah Ciliwung”

(Dok. KCD)

DEPOK – Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019, Komunitas Ciliwung Depok (KCD) kembali akan menyelenggarakan kegiatan Bebenah Ciliwung, pada Minggu, 24 Pebruari 2019 mendatang. Kegiatan tesebut akan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Kegiatan Bebenah Ciliwung akan difokuskan pada pembersihan sampah serta perawatan tanaman di sempadan Ciliwung Kota Kembang Grand Depok City (GDC) yang masuk wilayah Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas di sisi Barat dan Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok di sisi Timur. Pemilihan tempat ini berdasarkan mudahnya akses masyarakat mengamati sungai disamping sebagai usaha Komunitas Ciliwung Depok mendorong pemerintah utk menjadikan kawasan ini sebagai Taman Edukasi dan Konservasi Ciliwung.

Selain kegiatan operasi bersih (opsih) sampah sungai dan perawatan tanaman tersebut diatas peringatan HPSN ini akan dilengkapi dengan acara sosialisasi penanganan sampah serta pembuatan ecobrick yaitu salah satu cara memanfaatkan kembali limbah yang sulit didaur ulang.

BACA JUGA:  Diluncurkan, Komunitas Depok Banget Fokus pada 3 Program

Ketua panitia pelaksana peringatan HPSN 2019, Arung Ramadhan, menguraikan dalam operasionalisasi Bebenah Ciliwung beberapa tahapan akan dilalui oleh para peserta yang terbagi dalam beberapa tim sehingga kegiatan ini nampak atraktif dan terpadu.

(Dok. KCD)

Sampah non-organik yang dikumpulkan dalam kantung akan dilarung lalu dicegat oleh tim evakuasi untuk ditimbang dan dikerek ke atas jembatan Kota Kembang GDC menggunakan katrol kendaraan berpenggerak empat roda (4×4) milik tim offroader kemudian dimuat ke dalam kendaraan angkut milik Satgas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok.

BACA JUGA:  Selama Ramadhan Tempat Hiburan di Depok Dilarang Buka

Ditambahkan, kegiatan ini akan diawasi oleh tim rescue dari relawan KCD dibantu PMI Kota Depok serta tetap melakukan kordinasi dengan petugas Bendung Katulampa untuk mengetahui tinggi muka air (TMA) Ciliwung yang ideal untuk melaksanakan opsih pada badan sungai.

Peringatan HPSN pada tahun ini akan didukung kalangan pegiat lingkungan dan pecinta alam baik individu maupun berasal dari komunitas yang ada, dihadiri pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Pemerintah Kota Depok.

BACA JUGA:  Santunan dan Bukber Perum PKA dihadiri Wakil Ketua DPRD Depok

Dikalangan relawan KCD aktifitas Bebenah Ciliwung adalah bagian dari usaha mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga Ciliwung, merubah pola pikir bahwa sungai bukan tempat pembuangan sampah limbah dan mengalihfungsi sempadannya kecuali mempertahankan sebagai wilayah konservasi keanekaragaman hayati.

Hari Peduli Sampah Nasional sendiri diperingati untuk mengenang peristiwa longsornya bukit Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Leuwigajah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Peristiwa yang terjadi pada 21 Februari 2005 itu telah memakan korban manusia sebanyak tidak kurang dari 140 jiwa. (tdes)

Komentar

Berita lainnya