Mengatur Keuangan Diusia Muda Untuk Tenang Dimasa Tua

Masa muda diibaratkan sebagai masanya membangun fondasi ‘istana finansial’ yang kuat. Masa dimana anda menggunakan uang sebaik-baiknya. Namun, kadang-kadang menghabiskan uang untuk bersenang-senang, belanja, nongkrong direstoran, hingga travelling jadi hal yang sulit dihindari.

Pada masa inilah, anda sudah sepatutnya mulai meraba-raba mengenai arah dan tujuan hidup. Katakan saja pada usia 20 tahun, anda sudah mulai harus mengambil keputusan dan langka penting dalam hidup. Mulai dari perencanaan keuangan dan karier seperti apa yang hendak anda jalani. Usia 20 tahun keatas mamang sudah dapat dikatakan sebagai “usia dewasa” bagi setiap orang.

Berikut ini ada Beberapa tips Usaha yang Perlu Kita Lakukan Dalam Mengatur Keuangan diusia Muda

Uang muncul dari “Masalah”

Pada awalnya manusia belum mengenal pertukaran atau sistem barter. Setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri. Manusia berburu ketika ia lapar, membuat pakaiannya sendiri, mencari buah-buahan untuk dikonsumsi sendiri. Jika disederhanakan apa yang didapatkan sesuai dengan apa yang diusahakannya sendiri.

Sistem ini lama kelamaan menjadi masalah karena manusia membutuhkan banyak hal lain yang ia tidak mampu penuhi sendiri. Disitulah muncul sistem bernama “Barter”. Semua dari anda mungkin sudah tahu sistem ini. Ya, ini adalah sistem tukar-menukar. Metode ini bertahan cukup lama karena jumlah manusia yang belum terlalu banyak ditambah ilmu pengetahuan yang belum berkembang seperti saat ini.

BACA JUGA:  Budaya Konsumtif Teknologi Pelajar dan Mahasiswa

“Masalah” kembali memicu daya pikir manusia untuk menemukan solusi dan akhirnya ditemukanlah sebuah sistem dimana tukar menukar itu diwakilkan oleh satu alat saja. Singkat cerita lahirlah “uang” yang sampai saat ini menjadi sesuatu yang serig diperbincangkan dan hampir tak ada habisnya.

Awalnya uang ini hanya berbentuk uang logam. Logam dipilih sebagai alat tukar yang tinggi karena digemari umum, tahan lama dan tak mudah rusak, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai dan mudah dipindah-pindahkan.

Dari keterangan diatas kita dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa: “Uang adalah solusi dari tahapan-tahapan masalah yang manusia hadapi dalam hidupnya.” Dari mulai kesulitan memenuhi kebutuhan yang kompleks sampai kesulitan untuk membawa alat tukar menukar yang semakin hari semakin tidak bisa dibawa lagi. Jika ingin banyak uang, maka jadilah solusi bagi semua masalah yang ada. “Uang adalah alat tukar nilai tambah, jika ingin banyak uang maka perbanyaklah nilai tambah pada diri anda” (Syafii Efendi).

Fakta Unik tentang Uang

Pada tahun 1985 dan 1986 ada seorang wanita beruntung bernama Evelyn Marie Adams atau biasa dikenal sebagai Evelyn Adams. Wanita ini mendapatkan lotrei sebesar 5,4 juta Dollar Amerika. Menurut hemat kita, uang sebanyak itu bisa menghidupi dirinya sampai beberapa keturunan. Tapi faktanya wanita ini jatuh miskin dalam beberapa tahun kemudian ditambah lagi hutang beberapa ratus ribu dollar disebabkan berjudi di Atlantic City dan bisnis-bisnis yang ia coba dan gagal.

BACA JUGA:  Kenapa Pekerja Tidak Peduli Masa Pensiun?

Fakta ini memberikan kesimpulan bahwa uang dan keberkahan hidup sejalan dan selaras. Hidup yang boros, berfoya-foya serta kufur terhadap nikmat yang diberikan akan mengantarkan kita ke tempat yang semakin buruk. Dari cerita Evelyn Adams diatas dapat disimpulkan bahwa uang adalah Mindset dan Mindset akan membentuk dan menarik uang didalam kehidupan anda.

Orang yang bermindset dan bermental miskin akan kembali menjadi kaya bagaimanapun tantangan dan kondisi yang terjadi dalam hidupnya. Orang yang bermindset dann bermental miskin akan kembali dalam keadaan miskin bagaimanapun uang datang dalam hidupnya baik dalam jumlah sedikit atau besar sekali. Hal inilah yang menginspirasi saya untuk mencari banyak sumber-sumber penting yang bisa anda pelajari dan praktekkan bagaimana mengatur uang dengan baik diusia muda. Sehingga anda bisa menjadi “Master dalam Hidup” (Syafii Efendi).

Dimana uang hanyalah sebagian kecil dalam proses diri anda memberikan konstribusi kebermanfaatan bagi umat manusia sesuai dengan perintah Allah, Tuhan yang Maha Esa.

Memberi Arti Positif tentang Uang

Ini adalah pondasi awal sebelum anda belajar tentang strategi mencari uang yang banyak dan mengembangkannya. Karena arti adalah tentang internal problem yang akan menghalangi anda jika tidak ada isi dengan arti-arti positif terhadap uang itu sendiri. Berikut ini beberapa arti positif yang bisa memotivasi kita untuk lebih semangat dan bangkit dalam membangun keuangan dimasa muda bahwa: (1) Saya harus bersyukur dengan apa yang Tuhan berikan; (2) Saya harus bekerja keras jika ingin mendapatkan lebih banyak; (3) CCTV ada dimana-mana milik Tuhan yang Maha Kuasa. Untuk itu jangan berbohong atau mencuri untuk mendapatkan uang. Kebaikan akan mengundang kebaikan, dan keburukan juga akan mendatangkan keburukan; (4) Saya harus produktif. Saya harus bekerja keras dan terus belajar, agar saya bisa terus memberikan manfaat ke orang banyak. Dimana manfaat yang kita tukarkan akan kembali dalam bentuk keuntungan dan keberkahan bagi kita. “Uang dan kekuasaan harus jatuh ditangan orang-orang baik. Jika tidak, maka orang jahat yang memimpin anda menuju kehidupan yang tidak baik.” (Syafii Efendi)

BACA JUGA:  Filosofi Lompatan Dalam Hidup

Pahami Cara Kerja Uang

Jika kita mengerti cara kerja uang, maka sesungguhnya uang itu akan mudah bagi kita. sehingga ujung dari keputusan kita nantinya adalah bukan tentang tahu atau tidak tahu, tapi mau tidak mau. (Lisa)

Komentar

Berita lainnya