Manfaatkan Ampas Kopi Sebagai Penyubur Tanaman

Selain menjadi teman santai di pagi hari, serta mengurangi rasa kantuk di malam hari. Ternyata Kopi mempunyai banyak manfaat. Salah satunya untuk membersihkan serta merawat berbagai macam barang di rumah anda, seperti perabotan dapur, westapel, selain bermanfaat di daerah dapur rumah anda, kopi dapat bermanfaat untuk daerah halaman rumah anda.

Bagi pecinta kopi, selain bisa merasakan nikmatnya seduhan secangkir kopi anda juga bisa merasakan manfaat setelah meminum kopi tersebut, yaitu pada bagian ampas kopi. Karena setiap kopi rata – rata pasti menyisakan ampas, dan ampas tersebut tersisa bukanlah sekedar barang sisa atau semata – mata hanya untuk di buang namun memiliki manfaat khusus yaitu bagi tanaman.

Siapa yang menyangka bahwa ampas kopi sangat berguna bagi kesuburan tanah, sebab ampas kopi ini sangat membantu untuk di jadikan sebagai pupuk tanaman anda. Menurut linda chalker scoot,Ph.D mengemukakan bahwa , ampas kopi dapat mencegah pertumbuhan jamur yang merugikan tanaman. Jamur baik yang berkembang dari ampas bubuk kopi dapat menekan pertumbuhan jamur jahat yang merugikan pertumbuhan tanaman.

BACA JUGA:  Jaga Keremajaan Kulit dengan 10 Langkah Ini

Bagi yang sangat hobi berkebun, ampas kopi menjadi komponen penting karena dengan ampas tersebut bisa mengusir serangga serta dengan aroma bau nya bisa mengusir kucing ataupun binatang lain yang menjadi pengganggu tanaman.

Pada dasarnya ampas kopi memiliki nutrisi yang memadai untuk di jadikan pupuk organik. Kopi memiliki kadar Ph yang rendah (6.9-6.2 Ph) sehingga ini membantu mempercepat proses pengomposan pada media tanam. Kandungan nutrisi pada amapas kopi bisa menjadi laternatif dalam pemenuhan nutrisi tanaman. Selain kadar Ph yang rendah kandungan yang terdapat dalam ampas kopi dapat dilihat dari tabel berikut ini :

BACA JUGA:  Emosi Berlebih dan Pengaruhnya pada Tubuh

ZAT TERKANDUNG KANDUNGAN

Ph 6,9-6,2
Nitrogen 2,28%
Fosfor 0,06%
Kalium 0,6
*kandungan dalam ampas kopi

Kandungan yang terdapat pada ampas kopi terbukti memberikan manfaat yang baik untuk tanaman. Kandungan nitrogen dan fosfor pada ampas kopi berguna untuk mendorong pertumbuhan akar muda, sedangkan kandungan kaliumnya berfungsi untuk memperkokoh batang tanaman.

Unsur Nitrogen

Unsur hara nitrogen termasuk unsur yang di butuhkan dalam jumlah paling banyak sehingga disebut unsur hara makro primer. Umumnya unsur nitrogen menyusun 1-5% dari berat tubuh tanaman. Unsur nitrogen di serap leh tanaman dalam bentuk ion amonium (NH4+) atau ion nitrat (NO3). Unsur nitrogen berfungsi untuk menyusun asam amino (protein) asam nukleat, nukleotida, dan klorofil pada tanaman.

Unsur Fosfor

Unsur fosfor juga merupakan salah satu unsur hara maksro primer, tanaman mengambil unsur fosfor dari dalam tanah dalam bentuk H2PO4. Konsentrasi unsur fosfor dalam tanaman berkisaran antar 0,1-0,5. Unsur fosfor berfungsi sebagai penyimpan dan transfer energi untuk keseluruhan metabolisme tanaman.

BACA JUGA:  17 Cara Alami dan Aman Mencerahkan Wajah

Unsur kalium

Dalam proses pertumbuhan tanaman, unsur kalium merpakan salah satu unsur hara makro primer yang di perlukan tanaman dalam jumlah banyak juga, selain unsur nitrogen dan fosfor, Unsur kalium diserap tanaman dari dalam tanah dalam bentuk ion K+ kandungan unsur pada jaringan tanaman sekitar 0,5-6% dari berat kering.
Kopi merupakan minuman yang sangat di gemari banyak kalangan masyarakat, kopi memiliki berbagai manfaat jika di konsumsi sesuai dengan aturan, bagi pecinta kopi ditambah pecinta hobi berkebun menjadi nilai plus karena dapat merasakan nikamtnya secangkir kopi di tambah dapat merasakan sejuknya tanaman yang di pupuk oleh ampas kopi tersebut. (Via Nurafifah)

Comments

comments

Komentar

News Feed