Beragam Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak. Berikut manfaat daun sirih bagi kesehatan:

Menurunkan gula darah

Pada penderita diabetes gaya hidup untuk prediabetes adalah Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, ini bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus Anda jalani. Jika Anda telah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan kerja obat. Dauh sirih hanya dipakai sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya, bersama dengan mengubah pola makan dan rajin olahraga.

BACA JUGA:  Jaga Keremajaan Kulit dengan 10 Langkah Ini

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih mengandung tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Kolesterol dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Sebagai gantinya, daun sirih merah dan daun sirih hijau bekerja meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung.

Penangkal kanker

BACA JUGA:  17 Cara Alami dan Aman Mencerahkan Wajah

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker.

Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Hal ini masih dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka.

Daun sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri dari apa yang Anda makan. Mengunyah daunnya dan/atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.

Mengunyah daun sirih dan biji pinang bisa memicu produksi air liur. Air liur mengandung beragam jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusi. Selain itu, air liur juga membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel.

BACA JUGA:  Manfaatkan Ampas Kopi Sebagai Penyubur Tanaman

Mengobati mimisan

Anda pasti sudah sangat akrab dengan manfaat daun sirih yang satu ini sejak kecil dulu. Cara kerja daun sirih menyembuhkan mimisan mirip dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka bakar.

Antioksidan tannin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka, dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Tak hanya itu. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Phyto Journal menemukan daun sirih juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin kuat daya tubuh Anda, maka akan semakin cepat luka atau peradangan bisa sembuh.

Obat batuk

Rebusan daun sirih merah dipercaya mampu meringankan batuk. Pasalnya, sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal. (Isti Nur Oktafiani)

Comments

comments

Komentar

News Feed