Turunkan Kolesterol Jahat dengan Sayur Kangkung

(Istimewa)

Sayur kangkung adalah salah satu makanan favorit hampir semua orang, mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa,bahkan sampai yang lanjut usia semua menyukainya. Kangkung bisa dimasak dengan bermacam-macam cara yang begitu sederhana, mulai dibuat oseng, cah kangkung, pecel ataupun urap.

Kangkung, dengan nama latin Ipomoea aquatic, memang merupakan sayur yang sangat dikenal dan dibudidayakan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Hampir setiap restoran ataupun rumah makan selalu menghidangkan masakan dengan bahan ini.

Menariknya, kangkung ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Mengkonsumsi kangkung secara rutin sebagaimana dilansir dari wellbody.net (26/12/2015), ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Sedangkan, kolesterol jahat ini merupakan biang dari sejumlah penyakit berat, seperti jantung koroner dan stroke.

BACA JUGA:  17 Cara Alami dan Aman Mencerahkan Wajah

Terkhusus bagi anda yang sering mengkonsumsi hidangan lezat berkolesterol tinggi, alangkah baiknya lengkapi hidangan anda dengan kangkung sebagai penyeimbang.

Selain dapat mengatasi kolesterol jahat, kangkung juga terbukti bagus untuk tubuh, khususnya kesehatan mata, karena memiliki kandungan vitamin A yang memang baik bagi kesehatan mata. Dilansir dari hellosehat.com (6/9/2017), kandungan vitamin A dan C pada kangkung memang sangat tinggi. Dalam satu porsi kangkung (sekitar 50 gram), terkandung 70% vitamin A dan 51% vitamin C harian kita.

BACA JUGA:  Manfaatkan Ampas Kopi Sebagai Penyubur Tanaman

Jika vitamin A bertugas menjaga kesehatan mata, vitamin C bisa menguatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh bisa lebih kuat menghadapi gempuran penyakit. Apakah sayuran ini mengandun antioksidan? Menurut repository.usu.ac.id (10/11/2015), ternyata kangkung juga kaya akan senyawa antioksidan, sehingga dapat membantu mengatasi peradangan pada tubuh.

Agar kandungan vitamin yang terkandung pada kangkung tidak rusak, usahakan jangan terlalu lama memasak kangkung. Tumis sebentar, tidak harus empuk, dan warnanya masih terlihat hijau segar. Dan jangan khawatir, itu tidak mengurangi kelezatan dari kangkung itu.

BACA JUGA:  7 Manfaat Ajaib Madu untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Sedikit tips dalam memasak kangkung agar kangkung terlihat segar dan lezat, jangan tutup wajan ketika sedang memasak kangkung serta jangan tambahkan air lagi. (Aditia Rahman Allawi)

Comments

comments

Komentar

News Feed