Tips Mengatur Keuangan bagi Mahasiswa

Ilustrasi. (Istimewa)

Belum banyak dari mahasiswa memiliki penghasilan sendiri dan tidak bergantung kepada orangtua untuk kebutuhan sehari-hari selama kuliah. Mempunyai keinginan untuk hangout sama temen-temen, beli buku kuliah, beli sepatu, atau kebutuhan kuliah lainnya dengan uang sendiri tanpa minta uang ke orangtua merupakan keinginan semua mahasiswa. Nah, sebenarnya semua itu bisa dilakukan oleh kita semua ,lho, Cara ini bisa dilakukan dengan mudah bagi kamu yang masih dikasih orangtua dan belum punya penghasilan sendiri, yaitu memenjemen uang dengan baik.

Mengatur keuangan bukan hanya dilakukan untuk diri pribadi, sebuah perusahaan yang besar pun juga harus bisa mengolah keuangan dengan baik untuk mendapatkan sebuah profit yang besar. Bagi kamu yang masih bergantung dengan orangtua, kita harus pandai memaksimalkan jumlah uang yang diberikan orangtua. Dengan meringankan beban pengeluaran yang sedikit bisa mengurangkan masalah finansial dalam keluarga, apalagi yang mempunyai banyak anak. Nah cara memaksimalkan uang jajan ini sangat mudah kok dan pasti di bulan yang akan datang kamu tidak perlu lagi minta uang ke orangtuamu.

Berikut tips mengatur keuangan bagi mahasiswa seperti dikutip dari finansialku.com :

Tentukan tujuan keuangan

BACA JUGA:  Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinetetik - Mana yang Tepat untuk Kita?

Kita harus tahu tujuan keuangan kita, untuk apakah uangnya digunakan, akan bisa sampai kapan uangnya bisa digunakan.atau punya cita-cita untuk nanjak gunung, dan sebagainya. Setelah jelas tujuan uangnya digunakan apa, kita harus membuat target keuangan juga untuk tujuan atau keinginan kita untuk menggunakan uang yang kita punya

Membuat anggaran keuangan

Kita harus memiliki buku catatan tentang keuangan kita mulai dari pendapatan ataupun pengeluaran. Anggaran keuangan ini dilist berdasarkan kebutuhan yang kita perlukan selama sebulan atau seminggu. Seperti kebutuhan untuk print tugas,fotokopi, iuran kelas, transportasi , dan kebutuhan kuliah lainnya.

BACA JUGA:  Peringati HPN, Mahasiswa Unindra Luncurkan Buku Jurnalistik Investigatif

Buatlah catatan keuangan secara rutin

Catatlah segala pengeluaran setiap harinya baik jenisnya maupun total harganya. Dari catatan tersebut setiap bulannya kalian bisa review. Dari peluang mana kalian bisa menghemat uang, mungkin dari makan kamu bisa bawa bekal dari rumah, transportasi yang murah, atau penghematan lainnya yang bisa kamu lakukan

Mencoba untuk berbisnis

Berbisnis tidak sulit dilakukan, sudah banyak media yang mendukung dalam dunia bisnis, dan ada juga berbisnis tanpa memerlukan modal. Banyak sekali peluang-peluang bisnis yang dapat kalian terapkan di kampus, kalian bisa berjualan makanan, pakaian,make up, ataupun jasa desain grafis. Jika kalian serius dalam berbisnis, pasti kalian tidak perlu lagi minta uang jajan ke orangtua,asal kamu rajin dan tekun bisa-bisa usaha kamu bakalan berkembanng lho.

BACA JUGA:  UBSI Juara Turnamen Pencak Silat Paku Bumi Open VI 2019

Menabung

Menabung bisa dimana aja, baik di celengan ataupun di bank. Wajib sekali menabung dilakukan, “dikit-demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit”. Seperti itulah pepatah mengatakan, tidak perlu jumlah yang banyak untuk menabung asal rutin dilakukan maka akan terkumpul menjadi banyak.

Selalu disiplin dalam pengelolaan keuangan

Jika kamu ingin mendapatkan apa yang kamu inginkan perlu keseriusan dalam diri kamu dan konsisten dalam mengerjakannya. Jangan mudah tergiur melihat teman yang selalu pergi ke Mall, makan di restaurant, jalan-jalan, memakai pakaian branded dan yang lainnya. Gunakan uang sebaik-baiknya dan jangan jadi pribadi yang boros.

Mudah bukan? Yuk mulai dari sekarang kita belajar untuk mengatur keuangan kita dan bisa mengurangi beban keuangan orangtua. Semoga tipsnya dapat bermanfaat bagi kalian. (Desi Fitriyani)

Comments

comments

Komentar

News Feed