Sudah Produktifkah Kesibukan Anda?

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh: Mardhiyatun Nurul Ulfi – Mahasiswa STEI SEBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “sibuk” dapat didefinisikan sebagai “banyak yang dikerjakan” atau “penuh dengan kegiatan”. Definisi kata “sibuk” sendiri terdengar positif, namun dalam prakteknya kita sering menggunakan kata tersebut untuk mengemukakan alasan.

Sebagai contoh, Jika ada yang mengajak anda pergi namun anda tidak ingin pergi. Kebanyakan orang pasti menjawab “saya sibuk”. Padahal sebenarnya itu hanya menghindari ajakan tersebut.

Terkadang kita terlalu mudah berujar “sibuk”, padahal sejatinya kesibukan itu lebih bermakna bagaimana kita memanajemen waktu. Terkadang kita lupa dan mengkambing-hitamkan kata “sibuk” untuk dijadikan alasan.

BACA JUGA:  6 Jenis Depresi yang Tak Disadari dan Gejalanya

Untuk anda yang bekerja atau kuliah, pasti sering mendengar istilah ‘lagi sibuk ngerjain tugas, nih‘, dari teman atau bahkan dari diri kamu sendiri.

Frasa ‘lagi sibuk’, memang jadi ungkapan yang paling enak dipakai untuk menunjukan produktivitas yang sedang kita lakukan. Padahal, orang sibuk dan produktif itu punya perbedaan yang signifikan. Selama ini, orang sibuk sering kita samakan dengan orang yang produktif, karena sama-sama terlihat mengerjakan sesuatu. Padahal kenyataannya tidak.

Tahukah kita bahwa sebenarnya ada hal yang mendasar yang berbeda dari sibuk dan produktif.
Karena pada sejatinya sibuk belum tentu produktif.Akan tetapi, produktif tentunya mempunyai kesibukan.

BACA JUGA:  Hari Gini Masih Ada Buta Huruf, Tanggung Jawab Siapa?

Ada beberapa hal yang dapat dibedakan antara orang sibuk dan produktif salah satunya yaitu bisa dilihat dari Prioritas. Orang yang sibuk akan mempunyai banyak prioritas untuk dijalankan. Terkadang hal tersebut menjadikannya tidak fokus sehingga hasilnya kurang sempurna.

Sementara orang yang produktif jelas memiliki prioritas dalam hidupnya yang tak sebanyak orang sibuk. Ia tahu mana yang akan dicapai dan akan jalankan sebagai prioritas utama. Selain Prioritas, kita bisa lihat apa yang ditonjolkan pada orang sibuk dengan orang yang produktif.

Biasanya orang sibuk akan lebih menonjolkan kesibukannya dengan membicarakan tentang apa yang sudah dan sedang dilakukan.

BACA JUGA:  Hari Gini Masih Ada Buta Huruf, Tanggung Jawab Siapa?

Namun orang yang kesibukannya bisa dikatan produktif, ia lebih cenderung menonjolkan hasil kerja atau pencapaian yang telah diraih. Karena itu, orang yang produktif cenderung mempunyai pengalaman dengan pencapaian yang baik dibandingkan dengan orang sibuk yang memliki banyak aktivitas.

Berpikir realistis untuk menjadi produktif dengan menghitung dan memanfaatkan waktu yang dimiliki, mengatur tujuan serta melakukan penataan pada tujuan ke depan adalah cara orang produktif dalam berpikir. karena itu, menjadi produktif adalah cara yang terbaik bagi kita untuk memanfaatkan waktu yang dimiliki.

Comments

comments

Komentar

News Feed