Menjadi Mahasiswa Berprestasi, Sukses dan Disenangi Dosen, Ini Caranya!

Menjadi mahasiswa berprestasi di kampus tentu suatu hal yang membanggakan. Meski demikian, untuk mewujudkannya diperlukan kerja keras dan semangat juang yang tinggi sehingga tidak mudah.

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa berprestasi tapi tak tahu caranya, berikut ini beberapa tips nya seperti dilansir sevima.com:

Review materi kuliah secara mandiri atau bersama

Tugas mahasiswa bukan sekedar datang untuk kuliah. Tapi, kamu juga harus memahami materi yand diberikan dosen. Supaya kamu memperoleh nilai yang bagus saat ujian, tentu yang perlu dilakukan adalah belajar. Review kembali materi kuliah yang diajarkan secara rutin mungkin dengan cara belajar mandiri atau bersama di kesehariannya (setiap hari nya), sehingga kamu tidak melakukan sistem kebut semalam saat ujian tiba.

Dekat dengan dosen

Mahasiswa berprestasi identik dekat dengan dosen. Sebab, dosen akan memercayakan beberapa tugas atau tanggung jawab kepadanya. Dekat dengan dosen memang banyak manfaat nya. Salah satu nya, kamu akan mendapat berbagai informasi dan mudah mendapat informasi dan mudah mendapatkan rekomendasi jika dibutuhkan.

BACA JUGA:  6 Jurusan Kuliah Ini Bisa membantumu Sukses Dimasa Depan

Asah skill (kemampuan)

Mahasiswa berprestasi tidak hanya pintar dikelas. Kamu harus mengombinasikan hard skill dan soft skill. Ikutilah kursus atau pelatihan yang kamu sukai untuk menunjang karier dimasa yang akan datang.

Jalin jaringan (hubungan) yang luas

Berprestasi tapi tidak memiliki banyak teman tentu percuma. Bangun jaringan (hubungan) dengan memperluas pergaulan. Jangan menjadi mahasiswa kuper atau antisosial.

Berorganisasi

Menyeimbangkan kuliah dan berorganisasi memang tidak mudah. Jika tidak pandai membagi waktu, alhasil nilai jadi jeblok. Oleh karena itu, pilih organisasi atau UKM yang sesuai hobi dan passion (semangat atau gairah). Sebab, berorganisasi akan memberikan banyak pengalaman yang tidak mungkin kamu dapat saat berada dalam kelas kuliah.

BACA JUGA:  6 Jurusan Kuliah Ini Bisa membantumu Sukses Dimasa Depan

Mau menerima masukan

Jangan merasa benar sendiri karena berprestasi. Manusia tidak akan pernah luput dari salah dan lupa. Lagi pula, kamu hidup dalam lingkungan masyarakat, sehingga harus mau menerima masukan dari orang lain. Jadikan kritik dan saran sebagai bahan untuk intropeksi diri supaya bisa lebih baik lagi kedepan nya.

Memanfaatkan sumber daya kampus

Mahasiswa sukses tidak malas memanfaatkan perpustakaan dan pusat karier di kampus. Jadi setelah selesai jam kuliah, mahasiswa sukses itu memanfaatkan waktu luang untuk membaca buku di perpustakaan. Karena semakin banyak buku yang kita baca maka akan semakin banyak ilmu yang kita serap.

Memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang

Menetapkan apa yang menjadi tujuan kita baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Dengan memiliki tujuan akan memberikan kita arah dalam kehidupan kuliah. Setelah kita sudaah memiliki tujuan, kita tinggal mengusahakan semaksimal mungkin apa yang menjadi tujuan kita. Karena dengan usaha yang sungguh-sungguh sebuah kesuksesan akan didapatkan.

BACA JUGA:  6 Jurusan Kuliah Ini Bisa membantumu Sukses Dimasa Depan

Rajin kuliah dan aktif bertanya

Seperti halnya sekolah, mahasiswa yang sukses duduk di depan dan aktif dalam diskusi di kela. Mereka bertanya dan memberikan pendapat. Ketika ada permasalahan yang kurang jelas, kita di sarankan untuk bertanya.

Tidur yang cukup

Kuliah membutuhkan tubuh yang sehat. Mahasiswa butuh istirahat yang cukupserta sehat secara fisik dan psikis. Lama tidur yang dijalani seseorang berdampak besar pada performa akademiknya. Mendapatkan otak yang encer dimulai dengan tidur yang cukup. Kita tidak perlu aktivitas begadang. Karena begadang, justru akan membuat kita mengantuk ketika mengikuti jam perkuliahan. (Iklilah Muzayyanah)

Komentar

Berita lainnya