6 Destinasi Wisata Muslim di Negara Non Muslim

Ilustrasi. (Istimewa)

Bagi sebagian wisatawan, khususnya umat muslim, pasti sangat memperhatikan tujuan untuk berlibur. Yang menjadi perhatian utama adalah soal tempat ibadah, ketersediaan makanan halal, dan fasilitas lainnya. Mungkin kita tidak perlu khawatir jika liburan di wilayah Indonesia. Karena Indonesia menempati urutan pertama untuk Wisata Halal Dunia. Dibuktikan dengan Lombok yang mendapat penghargaan World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon tahun 2015, dan juga Indonesia memenangkan 12 penghargaan World Halal Tourism Awards 2016. Tapi bagaimana jika ingin liburan ke luar negeri? Apalagi ke negara yang mayoritas penduduknya bukan beragama Islam. Tidak perlu khawatir juga, dong! Karena sudah banyak negara dan kota di dunia yang semakin hari semakin ramah terhadap wisata halal. Berikut negara non muslim yang bisa dijadikan destinasi untuk liburan.

Korea Selatan

Tidak hanya menarik wisatawan melalui musik dan hiburan, Korea Selatan juga menarik lewat budaya dan keindahan alamnya. Jika ingin menikmati wisata halal di Korea Selatan, Anda bisa berkunjung ke Nami Island, Gyeongbokgung Palace, dan Namsan Tower. Bisa juga ke Jeonju untuk menikmati makanan tradisional Korea dengan suasana tradisional dan halal pastinya. Dan yang wajib didatangi adalah Seoul Center Mosque di Itaewon. Masjid ini adalah masjid pertama, tertua, dan satu-satunya di Seoul, sekaligus masjid terbesar di Korea. Selain bisa melaksanakan sholat disana, Anda juga bisa mendapatkan informasi seperti bagaimana napak tilas perjalanan Islam di Korea Selatan.

BACA JUGA:  Sambut HPN, Snowbay Gratis Untuk Wartawan

Jepang

Meskipun sejarah Islam di Jepang relatif singkat, namun Jepang dengan cepat menjadi salah satu tujuan liburan paling ramah untuk wisatawan muslim di tahun 2018. Ada lebih dari 60 masjid di negara ini, seperti Masjid Kobe yang dibangun pada tahun 1935, masjid ini merupakan masjid pertama di Jepang. Pemerintah Jepang juga bekerja keras untuk membuat umat muslim merasa lebih diterima di negara mereka. Jika Anda berkunjung pada tahun 2018, Anda akan melihat ruang sholat dengan rambu-rambu yang ditandai dengan jelas di bandara-bandara utama, banyak restoran halal, area sholat di tempat-tempat umum serta kiblat yang ditandai di kamar hotel. Tokyo, Kobe, Kyoto, dan Osaka adalah tujuan terbaik bagi wisatawan karena memiliki banyak fasilitas yang ramah untuk wisatawan muslim. Juga terdapat restoran sushi dan ramen yang sudah bersertifikat halal.

Thailand

Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Buddha ini sedang gencar-gencarnya menunjukkan peningkatan dalam mengembangkan wisata halal di daerahnya. Salah satu upayanya adalah membangun hotel bintang lima Al Meroz di Bangkok. Hotel ini sangat diminati oleh wisatawan muslim dari berbagai negara karena memiliki fitur Islami. Hotel ini tidak menjual alkohol, sedangkan kolam renang dan gym mengalokasikan waktu tertentu untuk penggunaaan tamu pria dan wanita. Mencari makanan halal pun tidak sulit karena Thailand sudah memiliki 160 produk yang berlabel halal selama 15 tahun terakhir.

BACA JUGA:  Fasilitas Terbaru 'Sirius Hall' Kini Hadir di SnowBay Waterpark TMII

Inggris

Visit my mosque kini sudah menjadi slogan Inggris untuk mempromosikan wisata halal negaranya. Banyak sekali masjid di Inggris yang mengalami perbaikan dan perluasan area. Ini merupakan salah satu inovasi untuk menggaet wisatawan muslim dari berbagai negara. Di Inggris sudah ada sekitar 452 masjid sejak tahun 1990. Sampai saat ini jumlah itu terus meningkat sejak beberapa tahun terakhir. Untuk menemukan makanan halal di Inggris pun Anda tidak perlu repot lagi. Anda bisa menemukan beberapa restoran dengan sertifikasi halal di setiap sudut kota. Seperti Chicken Cottage, Al-Falafal Restaurant, kantin di Masjid Islamic Center London, Halal Restaurant, East West Oriental di kawasan Chinatown, Restoran Melur di Edgware Road, dan masih banyak lagi.

Jerman

Jerman dikenal sebagai salah satu negara Eropa yang menunjukkan keterbukaan terhadap agama Islam. Masjid, kuliner halal, serta keindahan kota menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kini bukan hal yang sulit bagi wisatawan muslim untuk mencari masjid di Jerman. Negara ini memiliki 206 masjid dan sekitar 2.600 rumah ibadah bagi umat muslim. Salah satunya adalah Zentralmoschee Köln (Masjid Raya Cologne) di Kota Cologne negara bagian Nordrhein-Westfalen, Jerman. Disana juga tersedia berbagai macam restoran halal. Dari mulai restoran ala Timur Tengah dan Asia Selatan hingga restoran khusus vegetarian tersebar di kota Cologne. Salah satunya adalah Restoran Mangal. Di sini tersedia makanan khas Timur Tengah dan Turki. Menu andalannya adalah Kebab.

BACA JUGA:  Fasilitas Terbaru 'Sirius Hall' Kini Hadir di SnowBay Waterpark TMII

Prancis

Berdasarkan data Global Muslim Travel Indeks (GMTI) 2016, Prancis berada di urutan keenam di antara 130 tujuan wisata Muslim paling populer. Negeri ini memiliki sejarah yang sangat panjang dengan Islam. Hari ini Prancis menjadi tempat tinggal masyarakat multikultural dengan komunitas Muslim terbesar di Eropa. Masjid Grande Paris, masjid tertua yang biasa menjadi tujuan wisata untuk muslim. Anda juga bisa berwisata kuliner di restoran sekitar masjid. Tak hanya restoran di sekitar masjid, ada beberapa lingkungan di Paris yang memiliki komunitas muslim besar, seperti Belleville, Goutte-d’Or, Champigny, dan Nanterre. Orang-orang muslim ini berasal dari India, Lebanon, Pakistan, Mediterania, Maroko, Afrika Utara, dan Prancis. Institut Kebudayaan Islam yang baru dibuka di Barbes juga patut dikunjungi. Tempat itu memamerkan seniman muda Muslim, dan menyelenggarakan lokakarya dalam zigrafi dan pembuatan mosaik, buka puasa, puisi, dan banyak lagi.

Selain 6 negara di atas, masih banyak lagi negara yang sudah ramah untuk wisatawan muslim. Anda sudah menyiapkan waktu untuk liburan? Tertarik untuk liburan ke negara mana, nih? (Ayu Safira)

Comments

comments

Komentar

News Feed