Samara Suites Raih Sertifikat EDGE dari GBC Indonesia

Yanu Aryani, Julius Warouw dan undangan yang hadir dalam diskusi sertifikasi bangunan hijau (EDGE) (foto: Karmila)

Samara Suites yang mengkombinasikan apartemen dan service apartment telah menerima sertifikat EDGE sejak tahun 2015 dari Green Building Council (GBC) Indonesia. Setiap unitnya dirancang efisien dalam penggunaan listrik dan air.

EDGE adalah sistem sertifikasi bangunan hijau yang membuktikan bahwa membangun dengan menerapkan praktek – praktek yang bertanggung – jawab secara lingkungan di negara berkembang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip bisnis.

“Samara Suites, apartemen di Jl. Gatot Subroto Jakarta terdiri dari 39 lantai dan total 292 unit mendapatkan sertifikasi EDGE, hal ini menunjukkan sebagai pelaku konstruksi, Synthesis Development mengoptimalkan rancangan bangunannya sehingga efisien dalam penggunaan listrik dan air, sehingga memiliki nilai lebih sebagai sebuah hunian dan investasi.” papar Julius Warouw, Managing Director Synthesis Development di Synthesis Square, Selasa (18/12/2018).

BACA JUGA:  Farpoint Luncurkan Apartemen Multi-fungsi The Loggia

Di Indonesia, EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies) diluncurkan Juni 2015 bersama dengan Green Building Council Indonesia (GBC Indonesia) sebagai partner lokal, dan saat ini, lebih dari 50 EDGE sertifikasi yang telah dikeluarkan untuk beberapa proyek di Indonesia.

Yanu Aryani, EDGE Consultant – EDGE Indonesia, menjelaskan bahwa sertifikat EDGE itu adalah sistem sertifikasi bangunan hijau internasional yang dikembangkan oleh IFC (Investment Opportunities for Cities), anggota dari grup bank dunia.

BACA JUGA:  Tips Memulai Bisnis Sewa Apartemen

“Sertifikat EDGE diberikan kepada bangunan dengan desain yang dapat menghemat energi, air, dan kandungan energi dalam material sebanyak 20%. Samara Suites kini sudah mendapat sertifikat EDGE yang dapat menghemat energi 31%, air 35% dan kandungan energi dalam material 48%,” jelasnya.

Julius berharap semoga program sertifikasi EDGE ini mampu mendorong pertumbuhan pembangunan gedung sehingga menggunakan sumber daya secara efisien. Bangunan hijau juga dapat membantu, kota-kota di Indonesia yang tumbuh secara berkelanjutan. (BKarmila/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya