Menggapai Prestasi dengan Strategi

Oleh: Luqyana Inas Mufidah, Mahasiswa STEI SEBI

Ilustrasi. (Istimewa)

Terkhusus teman – teman seperjuangan yang kini menjadi mahasiswa dan adik – adik yang masih berjuang di bangku sekolah. Bukankah kita semua ingin menjadi orang – orang yang bermanfaat, sukses dunia – akhirat, dan tentunya dapat menjadi kebanggan untuk orang – orang tersayang? Ya, hanya satu jawabnnya. Bahkan seekor ayam pun juga ingin sukses, sukses memberikan telur kepada peternaknya yang akhirnya memberikan kebermanfaatan bagi si peternak. Namun semua itu tidaklah bisa diraih jika hanya menjadi angan – angan belaka dan tanpa usaha. Milyaran orang di dunia ini berlomba – lomba mencari jalannya sendiri agar dapat menempuh keinginnya itu. Ditengah – tengah persaingan ini perlulah sebuah strategi khusus untuk akhirnya mencapai apa yang telah diharapkan. Apa sajakah strategi tersebut? Mari kita lihat rangkumannya.

Luruskan niat.

Tidak semua orang memiliki niat yang lurus diawal langkahnya memijaki kesuksesan. Bahkan banyak orang cenderung tidak paham apa yang selanjutnya akan dilakukan ditengah – tengah terpaan hambatan, tantangan, dan rintangan dalam menuju sukses. Niat yang lurus dan ikhlas untuk bermanfaat bagi orang banyak ialah niat yang mulia. Niat ini akan terus menguat dan menjadi pengingat dikala hambatan, tantangan, dan rintangan itu datang.

BACA JUGA:  STBA LIA Perkuat Kompetensi Menulis Mahasiswa

Datangi majelis ilmu.

Inilah satu dari kenikmatan dalam perjuangan kita meraih sukses. Ketika seseorang sudah memiliki niat yang lurus, maka itu tidaklah cukup jika dia tidak memiliki sarananya. Dengan majelas ilmu seseorang akan berkembang kearah yang lebih baik. Namun yang perlu diperhatikan ialah sekecil apapun ilmu yang akan kita dapat dari sebuah majelis, bukan menjadi penghalang bagi kita untuk terus merasa haus akan ilmu sehingga tidak muncul sifat meremehkan ilmu. Contoh yang telah banyak dilakukan saat ini adalah mengikuti seminar, workshop, kajian, talkshow, pameran, bazar, dan sebagainya.

Rangkul lah teman- teman seperjuangan.

Salah satu yang menjadi penguat kita dalam meraih sukses ialah lingkungan, yang artinya itulah orang – orang terdekat, teman – teman kita. Sadar atau tidak, mereka memiliki pengaruh kuat dalam membentuk mental dan pikiran kita. Sehingga karena itu jugalah kita harus berhati – hati dalam berteman, carilah teman yang bersemangat dan menularkan hal baik pada kita. Saling menyemangati dan membantu satu sama lain. Karena dengan bersama – sama perjuangan akan terasa lebih mudah dan berkesan. Bahkan sapu lidi tidak ada gunanya jika hanya berjumlah satu batang.

BACA JUGA:  Gelar J&T Young Preneur, J&T Express Roadshow di 5 Kota

Ikutilah kompetisi untuk meningkatkan potensi diri.

Poin ini seringkali menjadi momok bagi sebagian orang. Mereka enggan untuk melangkah lebih jauh. Banyak sekali alasannya, ada yang bingung bagaimana cara memulainya, ada yang takut hasilnya akan mengecewakan, dsb. Itu semua sebenarnya dapat diatasi dengan mencoba. Tidak perlu kompetisi itu harus besar dan bertaraf Internasional. Tapi mulailah dengan kompetisi ringan yang kita sukai. Sebagai contoh, jika kita menyukai dan menggeluti bidang fotografi, maka cobalah ikut event kecil di lingkungan sekolah/kampus, kemudian bertahap dengan sering mengikuti kompetisi kecil tingkat sekolah/kampus hingga potensi kita perlahan tergali.

BACA JUGA:  Pengenalan Ekonomi Syariah ke Sekolah Melalui GES Goes To School

Evaluasi diri dan dekatilah Yang Maha Kuasa.

Berdoa adalah hal yang harusnya dilakukan beriringan dengan usaha. Namun dalam poin ini yang dimaksud ialah ketika kita sudah melakukan segala macam usaha dan banyak diantaranya belum berhasil. Maka, langkah berikutnya bukanlah berputus asa, melainkan melakukan evaluasi diri, pikirkan apa yang kurang dalam usaha kita, kesalahan – kesalahan apa saja yang telah dilakukan sehingga dapat dijadikan pembelajaran agar tak terulang. Dan jangan lupa, semakin besar usaha yang kita lakukan harus semakin besar pula doa yang kita hantarkan kepada Yang Maha Kuasa. Dekatilah Allah SWT dan memohon rahmat dan ridhonya.

Semoga kita selalu diberikan kekuatan dan kesempatan untuk memegang teguh amanah hidup yang telah diberikan dan menjadi pribadi yang sukses.

Komentar

Berita lainnya