Mahasiswa BSI Gelar Kegiatan “Trip to Bantex Indonesia”

Daya saing menjadi ternaga kerja professional di tahun 2019 diprediksi akan semakin ketat, mengingat peruguruan tinggi di Indonesia kini berlomba-lomba menciptakan strategi perkuliahan yang efektif, inovatif dan dinamis mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut didorong pula oleh kebutuhan perusahaan yang tak lagi membutuhkan tenaga kerja bermodal IPK semata. Kini perusahaan banyak mencari tenaga kerja yang siap kerja dan mampu dengan cepat menyesuaikan diri dengan budaya organisasi di tempat tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan perguruan tinggi yaitu dengan melakukan pengenalan langsung dunia kerja atau industri kepada anak didiknya. Dengan adanya kunjungan langsung ke dunia kerja diharapkan mahasiswa mampu mempertemukan teori yang didapat di kampus dengan implementasi nyata di lapangan. Tak hanya itu, adanya kegiatan tersebut dapat membuka wawasan dan nalar mahasiswa guna mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja yang sesugguhnya.

BACA JUGA:  Mahasiswa Unindra Siap Luncurkan Kumpulan Cerpen “Aku Salah Mencintaimu”

Hal serupa dilakukan pula oleh Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang selalu berinovasi guna mempersiapkan peserta didiknya menjadi tenaga kerja professional, salah satu strategi yang dilakukan ialah dengan mengadakan berbagai macam kunjungan industri untuk dijadikan bahan pembelajaran bagi mahasiswa.

Kegiatn kunjungan industri yang baru-baru ini dilakukan yaitu “Trip to Bantex Indonesia”. Tepatnya pada tanggal 20 Desember 2018 mahasiswa program studi Administrasi Bisnis UBSI telah melaksanakan kunjungan industri ke PT Bino Mitra Sejati atau yang dikenal dengan Bantex Indonesia bertempat di kawasan industri Sentul Bogor. Banyak hal yang didapat oleh peserta acara tersebut, diantaranya adalah seminar pengenalan tentang produk Bantex yang dapat digunakan dalam dunia kerja sehari-hari, kemudian peserta diajak berkeliling ke dalam area pabrik tempat dibuatnya produk-produk Bantex. Tak hanya itu, peserta juga mendapat penjelasan tentang alur distribusi, promosi, manufakturing hingga proses pengerjaan produk-produk Bantex, dimana hal tesebut dapat membuka wawasan bagi peserta terutama dalam dunia industri.

BACA JUGA:  Lomba Handmade pada Gelaran GES 13

“Kami sangat senang kedatangan adik-adik mahasiswa dari Universitas Bina Sarana Informatika, mereka penuh semangat dan antusias dalam seminar maupun saat berkeliling ke area produksi. Harapan saya peserta dapat mengenal Bantex sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang stationary yang mengutamakan kualitas di setiap produk yang kami pasarkan.” Ungkap Ferry Farid selaku Manager Marketing PT Bino Mitra Sejati (Bantex Indonesia) saat diwawancarai disela kegiatan.

BACA JUGA:  Peringatan Hari Bumi ala Mahasiswa Universitas Lampung

“Kegiatan kunjungan industri macam ini telah lama kami giatkan, maksudnya untuk mempersiapkan diri mahasiswa kami saat berada di dunia kerja nantinya. Tak hanya sekedar teori saat perkuliahan melainkan disandingkan dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi di lapangan. Disinilah salah satu strategi kami untuk menyiapkan tenaga kerja professional yang mampu menjawab tantangan di era distruptif.” papar Suparman Ketua Program Studi Administrasi Bisnis UBSI sebagai penanggung jawab kegiatan.

Komentar

Berita lainnya