Depok Terima Penghargaan APE Utama 2018

DEPOK – Wali Kota Depok Mohammad Idris menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama. Anugrah tersebut secara simbolis diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

“Melalui pemberian penghargaan APE ini diharapkan semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia. Harapan kami semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi dan saling bahu membahu mengemban mandat Negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas,” ungkap Menteri Yohana.

Sementara itu, ditemui usai menerima penghargaan, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

BACA JUGA:  Disdagin Depok Tingkatkan Pengawasan Tempat Usaha Tak Berizin

“Komitmen Pemerintah Kota Depok memastikan bahwa pembangunan bisa dinikmati secara adil dan merata untuk laki-laki dan perempuan sejak anak, dewasa, lansia maupun difabel,” kata Idris. Dengan strategi PUG, melalui perencanaan yang responsive gender, mewajibkan semua Perangkat Daerah menyusun anggaran yang responsive gender. Capaian implementasi PUG ini menjadikan IPG 93,05 (Indeks Pembangunan Gender) dan IDG 81,4 (Indeks Pemberdayaan Gender) Kota Depok sampai Tahun 2017 meningkat dan lebih tinggi dari IPG Jawa Barat bahkan IPG Indonesia. Kota Depok telah meraih penghargaan APE sejak tahun 2012, dan pada tahun 2018 meraih APE Utama, meningkat dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2016 meraih APE Madya. (Humas Pemkot Depok)

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

Comments

comments

Komentar

News Feed