Belanja Keperluan Komputer Kantor Mudah dan Aman di Bukalapak

Ilustrasi. (Istimewa)

Teknologi informasi berdampak luas tidak hanya untuk keperluan konsumtif. Pemanfaatan teknologi juga turut dimanfaatkan oleh perusahaan maupun bisnis. Bahkan sektor pemerintahan juga tidak luput dari penggunaan komputer. Teknologi informasi khususnya perangkat komputer membuat hal yang dulunya dilakukan secara manual bisa diselesaikan lebih cepat dan akurat.

Ambil contoh akuntansi di banyak perusahaan bahkan bisnis kecil menengah sudah mulai
menggunakan komputer. Salah satu manfaat menggunakan komputer adalah komputer bisa menyimpan data secara konsisten dan akurat, ditambah lagi dengan teknologi cloud computing yang memungkinkan supervisor atau pemilik bisnis memonitor usahanya dari jarak jauh.

Untuk memanfaatkan teknologi tersebut dibutuhkan perangkat komputer yang memadai, apalagi jika komputer tersebut harus tersambung dengan internet, tidak bisa sembarangan memilih komputer karena harus diperhatikan juga faktor keamanannya. Saat ini sudah banyak brand ternama seperti Acer, Asus, Cisco, Brother, HP bergabung di Bukalapak.

Pilihan produknya pun lengkap mulai dari laptop, komponen komputer seperti prosesor, vga card komputer terbaru, printer, scanner dan lainnya.

BACA JUGA:  Akhirnya, Pengguna WhatsApp Bisa Tolak Masuk Grup yang Tak Diinginkan

Jika kantor Anda ingin menghemat budget untuk pengadaan komputer, salah satu caranya
adalah merakit PC sendiri. Sebenarnya tidak sulit untuk merakit PC, asalkan komponen yang dibeli sesuai maka komputer bisa beroperasi tanpa masalah. Komponen yang harus dibeli antara lain: prosesor, vga card komputer terbaru, RAM, PSU, SSD, motherboard dan casing.

Prosesor seperti Intel Pentium seri G atau AMD A series sudah mencukupi untuk menjalankan program seperti Microsoft Word atau Excel dan browser penjelajah internet. Prosesor ini sudah tertanam grafis bawaan jadi tidak perlu membeli VGA card tambahan, tetapi jika Anda membutuhkan komputer yang bisa melakukan video editing untuk keperluan dokumentasi kantor misalnya, bisa menggunakan VGA card komputer terbaru seperti NVIDIA GT 1030.

Untuk RAM, kapasitas yang disarankan adalah 4GB supaya bisa menjalankan program dengan lancar. Selain itu kapasitas RAM yang besar membuat multi-tasking antar program lebih cepat. Untuk motherboard, pilih yang sesuai dengan slot prosesor yang hendak Anda beli. Rata-rata motherboard saat ini sudah mendukung RAM DDR4, tapi untuk lebih jelasnya silakan merujuk dukungan CPU dan RAM pada website resmi motherboard.

BACA JUGA:  Akhirnya, Pengguna WhatsApp Bisa Tolak Masuk Grup yang Tak Diinginkan

Untuk casing Anda bebas memilih desain yang sesuai dengan tema kantor, tetapi biasanya
desain casing untuk kantor tidak begitu mementingkan faktor estetika. Satu hal penting yang terkadang luput adalah PSU, ibaratnya komponen ini adalah jantung yang mengalirkan daya listrik ke seluruh komponen. Pilihlah PSU dengan efisiensi daya dan wattage yang sesuai, apalagi jika Anda menggunakan VGA card komputer terbaru seperti GTX 1060 yang membutuhkan power lebih. Merk PSU yang terkenal kualitasnya antara lain Cooler Master, Corsair, FSP. Tidak disarankan untuk menggunakan PSU bawaan casing karena berpotensi merusak sistem secara keseluruhan jika terjadi kerusakan karena komponen PSU murah tidak sebagus kualitas PSU dari merk terkenal.

BACA JUGA:  Akhirnya, Pengguna WhatsApp Bisa Tolak Masuk Grup yang Tak Diinginkan

Tidak lupa untuk menggunakan sistem operasi asli Windows 10, faktor keamanan menjadi hal penting karena data perusahaan dan bisnis Anda bisa hilang atau dicuri hacker yang
menyusupkan virus ke sistem operasi bajakan.

Untuk penggunaan jangka panjang pilih keyboard dan mouse dari brand ternama seperti Logitech. Merk ini sudah terkenal akan kualitas produknya. Sedangkan untuk perangkat penting lainnya seperti scanner dan printer Anda bisa memilih produk dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan kantor, apakah membutuhkan printer multifungsi yang bisa mencetak, fax dan scan atau printer saja untuk mencetak dokumen.

Semua produk yang disebutkan di atas tadi bisa Anda beli secara online di Bukalapak, marketplace terpercaya yang menjual aneka produk. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga dengan memilih komputer atau perangkat seperti printer dan scanner untuk keperluan kantor tanpa harus pergi ke toko komputer.

Comments

comments

Komentar

News Feed