Bagaimana Membuat Presentasi yang Menarik?

Oleh: Jajang (STEI SEBI)

Ilustrasi.(Istimewa(

Presentasi memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Khususnya bagi kalangan pelajar dan juga mahasiswa, presentasi hampir menjadi rutinitas di tiap minggunya. Bahkan tidak jarang ada guru maupun dosen yang memberikan penilaian berdasarkan presentasi yang dilakukan murid ataupun mahasiswanya. Makanya, penting untuk mengetahui bagaimana cara presentasi yang baik. Lalu sebenarnya, apakah presentasi itu?

Presentasi adalah berbicara di depan umum untuk menjelaskan suatu hal yang bertujuan untuk meyakinkan, membujuk dan menyampaikan informasi. Presentasi adalah kegiatan menyampaikan gagasan, ide maupun pendapat dari seorang presenter kepada audiens.

Ketika seseorang sedang presentasi respon audiens tidak selalu sama. Kadang audiens benar-benar memperhatikan presenter dan antusias. Kadang juga cuek atau bahkan tertidur, tidak memperhatikan presenter sama sekali. Hal-hal itu terjadi, salah satu penyebabnya adalah presenter itu sendiri. Seorang presenter menjelaskan sesuatu dengan baik atau tidak.

BACA JUGA:  Mahasiswa Unindra Siapkan Kumpulan Cerpen ”Cinta Sang Politikus”

Berikut adalah beberapa tips untuk presentasi yang baik.

Pembukaan yang menarik

Seorang presenter tentu akan memulai presentasinya dengan pembukaan. Dalam pembukaan biasanya presenter memberikan sapaan kepada audiens kemudian menyampaikan topik apa yang akan dijelaskan. Ciptakanlah detik-detik pertama pembukaan yang berkesan. Ketika membuka presentasi bisa dibubuhi dengan tes konsentrasi, jargon-jargon, dan buatlah topik yang akan dibahas menjadi menarik, sehingga audiens lebih bersemangat dan tertarik mendengarkan apa yang akan disampaikan oleh presenter selanjutnya. Berikan pembukaan semenarik mungkin. Audiens akan menilai presenter, dimulai dari pembukaannya. Pembukaan berpengaruh besar pada sikap audiens, audiens akan antusias dan memperhatikan presenter atau akan merasa bosan dan mengabaikan presenter.

Penyampain materi yang jelas

Setelah membuka forum, presenter akan memulai menjelaskan suatu materi, gagasan atau ide. Pertama, presenter harus menyampaikan judul pembahasan yang jelas kepada audiens. Sampaikanlah materi dengan jelas dan jangan terlalu bertele-tele. Kuasailah materi yang akan disampaikan sehigga bisa menjelaskan dengan lebih menjiwai dan rileks. Presenter jangan pula terlalu kaku, karena akan membuat audiens merasa bosan.

BACA JUGA:  Lomba Handmade pada Gelaran GES 13

Kemampuan bicara dan berbahasa yang baik

Presentasi adalah menjelaskan sesuatu dihadapan umum, tentu saja menjadi seorang presenter harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada audiens. Latihlah kemampuan public speaking. Untuk menguasianya seseorang tidak perlu mencari bakat, apakah dirinya berbakat public speaking atau tidak. Yang harus dilakukan adalah terus berlatih berbicara di depan banyak orang, sehingga menjadi terbiasa berdiri di hadapan umum dan menyampaikan sesuatu kepada mereka dengan baik tanpa malu, tegang, kaku dan terbata-bata. Public speaking merupakan hal yang penting untuk presentasi yang baik.

Penyampain yang menarik, gestur dan mimik

Inti dari presentasi adalah penyampain sebuah materi, gagasan atau ide. Kemaslah materi dengan menarik. Jika presenter menggunakan slide untuk presentasinya, bisa dilakukan dengan menampilkan video-video yang berkaitan dengan materinya, inter mezo dan hal-hal lainnya. Di tengah-tengah presentasi, biasanya audiens merasa bosan atau bahkan kantuk melanda mereka, saat itulah presenter harus memecah kebekuan itu. Lakukanlah ice breaking. Ice breaking bisa berupa permainan, tes konsentrasi atau apapun yang bisa menghibur dan menggugah semangat audiens. Buatlah suasana yang cair dan kondusif. Ketika menjelaskan materi, gunakan gestur yang sesuai dengan perkataan-perkataan kita agar presenter lebih aktif dan tidak kaku. Lakukanlah kontak mata dengan audiens dan pakai mimik yang sesuai sehingga presentasi terasa lebih hidup.

BACA JUGA:  Mahasiswa UP Lakukan Giat Bersih Ciliwung

Presentasi harus dilakukan dengan baik sehingga apa yang disampaikan presenter bisa dimengerti oleh audiens. Itulah tips untuk presentasi yang baik, semoga bermanfaat.

Komentar

Berita lainnya