Kecantikan Seorang Perempuan

Ilustrasi. (Istimewa)

Definisi cantik menurut pandangan kita secara umum pasti mengacu dari seberapa putih dan mulus kulit seorang wanita, tak heran banyak produk-produk kecantikan yang menawarkan hal demikian. Putih dalam sekejap atau kulit bersinar seperti artis-artis korea sudah menjadi slogan umum yang terjadi di Indonesia. Tak heran banyak wanita yang rela mengeluarkan anggaran yang lumayan dalam untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bahkan ada beberapa kasus wanita yang rela melakukan jalan pintas dengan cara operasi plastik, padahal hal demikian jelas-jelas dilarang oleh agama.

Atau kecantikan bisa dilihat dari seberapa tinggi dan langsing tubuh perempuan tersebut, hingga semua perempuan berlomban-lomba untuk menurunkan berat badan mereka dengan berolahraga ekstrim, mengonsumsi obat yang dapat membahayakan kesehatan bahkan dengan cara instan yaitu sedot lemak.

Dan masih banyak lagi definisi cantik menurut sebagian orang yang sayangnya hanya berlaku dari fisik semata. Padahal dalam islam sudah dijelaskan dalam sebuah hadits
“dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholehah”

Ini menunjukan bahwa cantik dalam islam bukan hanya mengacu dari fisik semata, tetapi harus diimbangi dengan akhlak yang baik, tutur kata yang sopan serta taat kepada Allah dan mengikuti Sunnah Rasulullah.

Karena berdandan untuk menunjukan kecantikan yang kita miliki seyogyanya hanya bisa kita tunjukan pada seseorang yang memang sudah pantas menjadi imam kita. Dalam artian suami kita dimasa depan. Dan begitu banyak kasus wanita yang menjadi korban pelecehan karena salah mengartikan definisi cantik itu sendiri dan yang lebih parah berujung pada pembunuhan tragis.

Dizaman sekarang wanita menjadi sasaran empuk untuk meraih pundi pundi uang, bisa kita lihat dari banyaknya iklan ditelevisi khususnya Indonesia. Suatu produk bisa laku terjual jika dibintangi oleh artis iklan yang cantik dan seksi. Bahkan launching mobilpun agar didatangi bahkan diburu oleh orang banyak yaitu dengan cara menghadirkan SPG yang cantik dan seksi, karena mereka tahu kelemahan seorang lelaki ada pada seorang perempuan.

Bisa dibayangkan betapa hinanya kaum perempuan jika dilihat dari konteks tersebut. Padahal islam jelas sangat memuliakan kaum perempuan dengan menyuruh menutup aurat agar terjaga dari seluruh fitnah dan kejahatan, seorang lelaki jelas akan lebih segan serta menghargai perempuan yang senantiasa menutup auratnya. Karena sejujurnya mereka sudah bisa membedakan mana perempuan yang baik dan tidak.

Karena kecantikan yang hakiki tercermin dari hati yang bersih yang senantiasa mengingat Allah serta datang dalam hati yang penuh syukur menerima segala kekurangan diri. Yakinlah wanita yang baik pasti untuk lelaki yang baik, begitupun sebaliknya.
Wallahualam. (Rusmini)

Komentar

Berita lainnya