Harmonisasi Kepatuhan Laporan Audit Bank Syariah Standar AAOIFI

Oleh : Astri Nurhalimah ( Mahasiswa STEI SEBI)

Bank Syariah adalah organisasi keuangan yang bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam. Prinsip-prinsip ini memerlukan beberapa nilai-nilai etika seperti keadilan, keadilan dan transparansi. Saat ini, bank-bank syariah merangsang perkembangan transaksi keuangan dan ekonomi internasional. Dalam masing-masing bank syariah , ada sebuah dewan yang memverifikasi kepatuhan operasi dengan prinsip-prinsip agama dan hukum Islam “Dewan Syariah.” Ekonomi islam melarang berbagai instrument dan bertransaksi yang mengandung unsur adanya bunga (riba), ketidakpastian (gharar), spekulasi (maisir), pengayaan tidak adil dan eksploitasi yang tidak adil.

Standarisasi prinsip audit adalah kegiatan yang sulit yang menentukan kualitas komunikasi keuangan. Sampai saat ini, dua organisasi supranasional menerbitkan standar auditing untuk lembaga keuangan Islam: Akuntansi dan Audit Organisasi Lembaga Keuangan Islam (AAOIFI) dan Federasi Internasional Akuntan (IFAC). Hrmonisasi laporan audit diidentifikasi sebagai proses yang bertujuan untuk mengurangi keragaman dalam praktek audit dan memastikan konvergensi mereka dalam hal sarana komunikasi pemeriksaan melalui laporan audit. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan divergensi antara peraturan nasional yang mengatur komunikasi antara auditor dan pemangku kepentingan lainnya.

BACA JUGA:  SCG Lipatgandakan Limbah Industri dan Biomassa Jadi Bahan Bakar & Bahan Baku Alternatif

Mayoritas Perbankan Syariah mengadopsi standar AAOIFI sebagai acuan kepatuhan terhadap prinsip syariah. AAOIFI ( Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution) merupakan organisasi internasional Islam non Badan Hukum nirlaba yang merumuskan standar dan isu-sisu terkait akuntansi, audit, pemerintahan, etika dan standar syariah islam untuk lembaga keuangan islam. AAOIFI adalah organisasi internasional yang bersifat independen, didukung oleh 200 anggota dari 40 negara termasuk bank sentral, lembaga keuangan Islam, dan anggota lainnya dari industri perbankan internasional di seluruh dunia.

BACA JUGA:  Djournal Coffee Berkolaborasi dengan Tab Space Dukung Seniman Penyandang Disabilitas

Standar Islam laporan auditor menyebutkan berbagai elemen yang berkaitan dengan laporan auditor atas laporan keuangan. Lima elemen yang berhubungan dengan bentuk laporan yang sama diidentifikasi. Unsur pertama terkait dengan pembukaan ayat adalah identifikasi dari laporan keuangan yang telah diaudit. Yang kedua adalah identifikasi entitas yang diaudit. Yang ketiga adalah identifikasi tanggal laporan keuangan. Keempat adalah identifikasi periode yang dicakup oleh laporan keuangan. Kelima adalah pernyataan bahwa laporan keuangan adalah tanggung jawab manajemen. Elemen terakhir adalah pernyataan bahwa tanggung jawab auditor terletak pada pernyataan diatasnya pendapat.

Kurangnya harmonisasi informasi audit menghambat laporan keuangan. Heterogenitas dari laporan audit mempromosikan ambiguitas informasi keuangan dan tidak mengurangi kesenjangan harapan. Ambiguitas informasi audit merusak kepercayaan pengguna laporan keuangan. Investor dan pemberi pinjaman kehilangan keselamatan mereka ketika laporan audit tidak dimengerti. Sampai saat ini, penting untuk menyatakan bahwa standarisasi audit tidak memberikan laporan dimengerti. . Standar akuntansi internasional atau nasional harus mengatasi masalah yang berkaitan dengan ambiguitas dan tidak dimengerti laporan audit.

BACA JUGA:  PT NDK Resmi Bubar, Ini Penjelasannya

Saat ini, standar Islam laporan auditor tidak memenuhi kriteria kualitas pelaporan keuangan. Standar AAOIFI harus melakukan laporan baru dari auditor independen. Standardisasi ini harus dilakukan dengan partisipasi perusahaan akuntansi dan pengguna laporan keuangan. spesialis komunikasi keuangan dan ahli bahasa harus berkonsultasi untuk meningkatkan kejelasan dari laporan audit.Efektivitas informasi audit (termasuk pembacaan laporan audit) tetap menjadi karakteristik mendasar yang menentukan relevansi hubungan keuangan.