7 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ penglihatan. Mata mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Pada organisme yang lebih tinggi, mata adalah sistem optik kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya, mengatur intensitasnya melalui diafragma, memfokuskan melalui penyesuaikan lensa untuk membentuk sebuah gambar, mengkonversi gambar tersebut menjadi satu himpunan sinyal listrik, dan mentransmisikan sinyal-sinyal ke otak melalui jalur saraf kompleks yang menghubungkan mata melalui saraf optik menuju korteks visual dan area lain dari otak.

Mata dengan daya resolusinya memiliki sepuluh bentuk yang berbeda secara fundamental, dan 96% dari spesies hewan memiliki sistem optik yang kompleks. Mata kompleks ini mampu membentuk gambar, seperti pada moluska, kordata, dan artropoda. Selain itu Mata manusia memiliki cara kerja otomatis yang sempurna, mata dibentuk dengan 40 unsur utama yang berbeda dan ke semua bagian ini memiliki fungsi penting dalam proses melihat.

Berikut adalah 4 fungsi dari mata:

1. Fungsi mata sebagai alat visual.
Mata memiliki fungsi utama sebagai alat yang dapat memberikan kita pandangan visual, dimana setiap apa yang ada dapat kita lihat dengan jelas dan memberikan kita pengertian dan penampakan yang dapat kita kita khayati , nikmati dan kita rasakan.

2. Fungsi mata sebagai kode.
Selain fungsi visual mata juga memiliki fungsi lain yakni sebagai kode, atau tilik sandi antar golongan dan atau kelompok. mata memiliki banyak arti ketika berada dalam fungsi ini , baik fungsi ok , tidak ok , belum waktunya, dan sebagainya tergantung pada pemilik kode dan mereka yang berbicara dan melihat kode tersebut mengartikan.

3. Fungsi Keindahan.
Setelah fungsi kode mata kemudian memiliki makna yang lain yakni keindahan .. dimana ketika kita mempergunakan mata sebagai alat visual dan kode , kemudian lahirlah fungsi mata yang ketiga yakni fungsi keindahan. hal ini tampak kita lihat ketika kita memperlakukan mata kita dengan berbagai hiasan baik celak maupun lensa kontak dan sebagainya. Apalagi kemudian diselingi dengan bulu mata yang lentik, dengan hanya menggerakkan bola mata kesana kemari kita dapat melihat fungsi keindahan mata , fungsi seni , dan fungsi karakteristik serta makna dibalik seseorang menggerakkan bola mata atau memperlakukan matanya.

4. Fungsi Mata sebagai alat pembelajaran
Mata selain memiliki fungsi visual , kode dan keindahan juga memiliki fungsi sebagai alat pembelajaran dimana hal ini adalah fungsi utama dari mata, ketika kita melihat sesuatu kemudian diterjemahkan oleh otak dan dirangsang oleh tubuh , dari rangkaian inilah kita kemudian menemukan sebuah pembelajaran tentang apa dan bagaimana serta kenapa segala sesuatu itu ada. meskipun tidak menutup kemungkinan ketika kita tidak memiliki mata maka telinga yang kita pergunakan sebagai alat pembelajaran.

Merawat mata adalah sebagian kewajiban setiap manusia, merawat mata sangatlah mudah. Perawatan mata sangat perlu dilakukan. Cara menjaga kesehatan mata harus dipahami dan dipraktikan oleh setiap manusia baik yang memiliki permasalahan mata maupun yang hanya sekadar merawat mata sehat.

Karena mata adalah yang membantu aktifitas setiap manusia, tanpa melihat manusia tidak akan bisa berbuat apa-apa.

Mata merupakan bagian terpenting dari panca indera. Meski anda cukup banyak waktu untuk tidak menonton televisi, tidak membaca buku atau tidak berlama-lama di depan komputer tetap saja mata kita butuh istirahat.

Inilah 7 cara bagaimana menjaga kesehatan mata kita

Berikut ini adalah cara merawat mata agar selalu sehat dan tidak memperparah kemampuan pengelihatan seseorang yang sudah mengalami rabun.

1. Merawat mata dengan menghindari terlalu dekat pada objek
Tips pertama untuk perawatan mata Jangan terlalu dekat ketika nonton TV, main game atau membaca buku. Nonton tv layar lebar memang lebih asyik, tapi lebih tidak menyehatlkan terutama bagi mata anak-anak. Anak yang sering nonton tv terlalu dekat, matanya beresiko besar mengalami minus ketika anak tumbuh dewasa. Jarak aman untuk menonton televisi sekitar 2 meter untuk TV ukuran 14 inchi. Untuk layar lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Sebaiknya gunakan tv layar kecil untuk hiburan keluarga. Hal ini berlaku juga ketika anak bermain game, PS atau yang lainnya. Begitu juga dengan kebiasaan membaca, janganlah posisinya terlalu dekat, hal ini dapat membuat mata menjadi tegang dan lelah. Gunakan penerangan cukup ketika membaca, dan sebaiknya tidak membaca ketika tiduran.

2. Jauhkan pandangan dari cahaya berlebihan gadget
Cara merawat mata dengan baik adalah mengurangi penggunaan gadget
Jangan terlalu lama menggunakan komputer, televisi atau main game. Jangan menggunakan komputer terlalu lama. Jika pekerjaan anda memang menggunakan komputer seharian, usahakan anda rutin beristirahat menjauh dari layar komputer, misalnya setiap 30 menit atau satu jam, rilekslah atau berjalan-jalanlah sebentar selama 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan. Gunakan monitor lcd untuk pc anda, penggunaan layar lcd cenderung lebih nyaman dan tidak cepat lelah bagi mata dibanding jika menggunakan monitor crt. Setting refresh rate yang tinggi pada monitor anda. Menonton tv terlalu lama dapat membuat mata tegang dan lelah, selain itu radiasi yang terpancar dari layar tv dapat berakibat buruk bagi mata. Anak-anak yang terbiasa nonton tv dan main console game berlebihan, cenderung beresiko lebih besar matanya menjadi minus.

3. Hindari gosokan mata kasar dan berlebihan
Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan. Ketika mata anda terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara otomatis anda akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata.

4. Mengkonsumsi Vitamin A
Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Mata anda perlu dijaga kesehatannya, antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan sayur dan buah yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata anda. Wortel mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada labu kuning.

5. Makan sayur hijau
Sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.

6. Mengonsumsi asam lemak omega-3
Bukti menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.

7. Mengonsumsi Multivitamin untuk perawatan mata
Pertimbangkan multivitamin. Jika memang diperlukan, saat ini banyak juga tersedia suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. National Eye Institute menunjukkan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng bisa memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak.

Mudah bukan tips dan cara merawat mata dengan baik? Maka dari itu, jagalah mata kita selagi masih dalam kondisi baik. Merawat mata harus selalu konsisten dengan apa yang sudah dijelaskan. Jangan pernah sekalipun mencoba untuk melakukan hal-hal yang diangkat berlebihan. [Norma Yunita/DepokPos].