Ecology Park Danau Dora

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Pemerintahan Daerah Bogor (Pemda), membuat tempat ini mudah sekali untuk didatangi. Hanya berjarak kurang lebih sekitar 500 meter dari pintu gerbang Pemda atau Cibinong City Mall, ke arah Bogor. Tepatnya ada di kawasan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) atau sering disebut Bakosurtanal.

Berada di Jalan Raya Bogor Km. 46, jika dari arah Bogor adanya di sebelah kiri. Danau ini merupakan taman konservasi alam yang menjadi bagian perluasan Kebun Raya Bogor dan menjadi tujuan tempat wisata murah di Bogor. Sering dijadikan tempat olah raga dipagi atau sore hari. Ekologi Park atau yang lebih dikenal dengan nama Danau Dora Bogor ini sudah dibangun sejak tahun 2002.

Disebut Danau Dora Bogor, dulu saat pembangunan awal di taman atau kebun ini banyak sekali anak-anak kecil yang sedang bermain sambil membawa Boneka Dora, yakni kartun serial animasi di televisi yang judulnya Dora the Explorer, yang pada saat itu sedang booming.

Dora sendiri diceritakan adalah seorang gadis kecil yang sering menjelajah dan membantu mencari tahu sesuatu yang mereka butuhkan bersama hewan bernama Booths dengan menggunakan Peta. Dari situ tercetuslah Ecologi Park ini dengan sebutan Danau Dora.

Ecology Park ini adalah perluasan Kebun Raya Bogor dengan tujuan untuk membangun kawasan konservasi tanaman. Kawasan Ecology Park di Cibinong ini memang dipersiapkan sebagai tempat untuk belajar, meneliti, dan mengamati ekosistem dataran rendah Indonesia. Lama kelamaan karena ternyata panorama dan landscape kawasan ini sangat menarik, semakin banyak pengunjung yang datang.

Untuk kebutuhan penelitian, di taman ini banyak sekali ditanami berbagai macam tumbuhan langka, dengan ditata khusus yang ditengah-tengahnya terdapat danau ditumbuhi rumput segar serta dibuat sebuah jembatan kayu untuk menghubungkan taman yang membuat taman ini menjadi indah untuk dipandang.

Karena keindahan yang menyegarkan mata, gratis dan lokasi yang strategis, selain untuk wisata edukatif, Danau Dora Bogor sering juga digunakan untuk lokasi prewedding. Di Danaunya sendiri banyak terdapat ikan dan juga bunga teratai.

Lebih nikmat dan ada baiknya datang kesini dipagi atau sore hari. Udaranya masih sejuk karena banyak pepohonan disekitarnya. Danau Dora bisa jadi rekomendasi buat Anda dan keluarga untuk menghabiskan liburan di akhir pekan. (Hana Nurul Jannah)