10 Cara Mencegah Penyakit Maag Kambuh

Ilustrasi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit maag, namun yang paling penting adalah menjaga pola makan secara teratur setiap harinya. Dengan makan teratur, maka kerja lambung juga akan stabil dan maag tidak akan kambuh. Untuk langkah pencegahan sakit maag yang menyebabkan rasa perih dan mulas pada lambung selengkapnya, bisa anda simak selengkapnya berikut ini.

1. Jauhi Stress

Stres menjadi sumber dari segala macam penyakit termasuk sakit maag. Usahakan selalu untuk berpikir secara positif dan jauhkan stres sehingga sakit maag ini bisa dicegah dan tidak timbul kembali.

2. Menghindari Rokok

Asap yang masuk ke dalam tubuh akibat merokok ini juga bisa meningkatkan produksi asam lambung dan jika ada luka pada lambung juga akan sangat sulit untuk disembuhkan. Langkah terbaik adalah jauhi merokok dan mulai berhenti menghisap zat nikotin ini sekarang juga.

3. Konsumsi Susu Kedelai

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, ada banyak kandungan serat di dalam susu kedelai dan terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, radang pada saluran pencernaan dan juga mencegah penyakit maag ini kambuh

4. Hindari dari Makanan yang Berminyak

Makanan berlemak dan berminyak juga harus dihindari karena kedua jenis makanan ini akan sulit dicerna dalam lambung sehingga makanan akan tertinggal lebih lama pada lambung yang akhirnya akan meningkatkan tekanan lalu membuat LES menjadi lemas dan asam lambung akhirnya naik ke kerongkongan.

5. Konsumsi Makanan yang Lembut

Cara mudah untuk menghindari kambuhnya maag adalah dengan memilih asupan yang anda makan. Pilih jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung seperti pisang, bubur, brokoli dan wortel. Jika makanan yang anda konsumsi terlalu padat, maka kerja lambung semakin berat dan membuat lambung bekerja dengan ekstra.

6. Konsumsi Kunyit

Salah satu jenis rempah yakni kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, namun kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang sangat baik untuk mencegah dan menyembuhkan sakit maag yang kambuh. Caranya dengan memarut sedikit kunyit segar lalu minum air sari kunyit secara rutin sehingga anda bisa terbebas dari maag kambuh.

7. Porsi Makanan Cukup

Penyebab dari maag kambuh salah satunya adalah karena pola makan yang tidak teratur, oleh karena itu jangan menunda jam makan anda dan konsumsi porsi yang cukup saat makan, dalam arti tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu sedikit.

8. Minum Air Putih Dengan Teratur

Minum air putih secara teratur tidak hanya menyehatkan tubuh dan mencegah bahaya dehidrasi, namun juga bisa mencegah maag kambuh. Berbagai racun dalam tubuh akan dinetralkan kembali seperti bakteri yang ada pada lambung. Air putih ini kemudian juga akan membuang berbagai bakteri ini bersama dengan air seni sehingga maag tidak kambuh kembali.

9. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya bagi kulit dan dalam merawat kesehatan rambut sangat luar biasa, lendir pada lidah buaya juga terbukti ampuh menjadi bahan alami untuk menghindari timbulnya sakit maag. Caranya adalah dengan merebus daging lidah buaya yang mengandung lendir lalu dinginkan dan minum airnya secara rutin.

10. Pisang Raja

Sebenarnya semua jenis pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung, akan tetapi pisang raja mempunyai kandungan pektin yang baik dalam melindungi selaput lendir dalam lambung secara alami. Konsumsi pisang raja secara teratur sehingga lambung senantiasa terlindungi dari naiknya asam yang menyebabkan sakit maag timbul.

(Meytri Farah Gita)