Unduh yang Sehat, Unggah yang Bermanfaat

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Hardiono, saat membuka Sosialisasi Internet Sehat, di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Senin (7/11/2016). (Foto : Diskominfo)
Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Hardiono, saat membuka Sosialisasi Internet Sehat, di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Senin (7/11/2016). (Foto : Diskominfo)

DEPOK – Ponsel pintar dengan internet cepat bukan lagi barang asing bagi hampir seluruh masyarakat Idonesia, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bahkan membuat masyarakat pedesaan dan pelosok sudah tersentuh cangggihnya teknologi informasi ini.

Tak terkecuali untuk anak-anak dan remaja usia belajar, ponsel pintar sudah menjadi “barang wajib” yang setiap mereka sudah menggunakannya.

Meskipun demikian, diharapkan para pengguna internet dapat bijak dalam menggunakannya. Disarankan untuk tetap membagi waktu dengan baik antara berselancar di dunia maya dengan kehidupan di dunia nyata.

BACA JUGA:  Disdagin Depok Tingkatkan Pengawasan Tempat Usaha Tak Berizin

“Adik-adik kalau sedang mencari informasi lewat internet tetap harus ingat waktu, jangan terlalu keasikan jadi lupa makan, minum, belajar, apalagi sampai lupa salat. Jangan sampai jadi kecanduan,” ucap Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Hardiono, saat membuka Sosialisasi Internet Sehat, di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Senin (7/11/2016).

Lebih lanjut, Hardiono mengatakan bahwa penggunaan internet seyogyanya dipakai untuk mencari informasi yang positif, semisal mencari referensi untuk pelajaran atau tugas di sekolah. Sebisa mungkin hindari mencari atau ingin tahu konten-konten negatif.

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

“Internet harus dijadikan sarana kita untuk menjadi semain cerdas dan membuka wawasan kita dalam mencari informasi dunia luar, dan jangan buka konten negatif. Karena kalau sudah membuka timbulnya penasaran. Adik-adik kalau bisa jangan sampai seperti itu,” ujar Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfo Kota Depok Martinho Vaz mengungkapkan, pada hari ini setidaknya ada 100 orang peserta hadir yang terdiri dari para pelajar perwakilan SMA/SMK baik negeri ataupun swasta se-Kota Depok. Dijadwalkan pelaksanaan selama dua hari hingga esok Selasa, dengan menghadirkan pembicara Widuri dari ICT Watch tentang pemanfaatan internet untuk pelajar, dan Esti Damayanti dari Kompak Jakarta tentang gerakan anti kekerasan online dan internet yang aman untuk pelajar dan remaja.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

Editor: San

Comments

comments

Komentar

News Feed