Serunya Belajar Bahasa Lewat Kuliner

IMG_20161102_111129.jpg
Salah satu booth kuliner milik mahasiswa BIPA asal Korea. (Triditrarini Saraswati/Depokpos)

DEPOK – Kini, belajar Bahasa Indonesia dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui kuliner. Demikianlah yang dilakukan oleh mahasiswa Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (LBI FIB UI) pada Rabu, (2/11).

Dalam rangka hari Bahasa Indonesia, mahasiswa BIPA menggelar pasar kuliner BIPA yang bertempat di Area Parkir Dosen FIB Gedung 10 UI Depok. Pasar kuliner BIPA merupakan pasar yang penjualnya adalah Warga Negara Asing mahasiswa BIPA. Mereka wajib berbahasa Indonesia ketika menjajakan berbagai makanan dan minumannya kepada pembeli. Makanan dan minuman yang dijajakan antara lain choco banana, ramen susu lucu, hwa chae, kopi korea, dan lain- lain.

Saat Depokpos mendatangi salah satu booth kuliner milik mahasiswa BIPA asal Korea, Joung Si Hyun, dirinya mengaku bahwa sebetulnya ia kesulitan menjajakan kulinernya dengan bahasa Indonesia. “Saya bingung, saya tidak mengerti karena kurang bisa berbahasa Indonesia,” ujarnya kepada depokpos, Rabu, (2/11).

BACA JUGA:  Disdagin Depok Tingkatkan Pengawasan Tempat Usaha Tak Berizin

Meskipun ia belum fasih berbahasa Indonesia, penjaja kopi Korea senilai lima ribu rupiah ini juga mengatakan kalau orang Indonesia ramah dan sopan. “Orang Indonesia juga sering membantu saya,” ungkap Joung Si Hyun yang baru belajar bahasa Indonesia selama dua bulan tersebut. (Triditrarini Saraswati/DepokPos)

Comments

comments

Komentar

News Feed