Walikota Depok Tinjau Lokasi Penemuan Gas Elpiji Berisi Air

Ilustrasi. (istimewa)
Ilustrasi. (istimewa)

DEPOK – Walikota Depok Mohammad Mohammad Idris bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok Ahmad Kafrawi serta pihak Hiswana Migas, mendatangi lokasi penemuan gas palsu di Gang Bakti, RT 02/RW 06, Kampung Areman Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Kota Depok, Selasa (11/10/2016).

Idris sempat berdialog dengan seorang warga yang mengecer gas palsu tersebut. Pengecer itu mengaku mendapatkan gas palsu dari pedagang keliling. Idris menghimbau pedagang mengambil tabung gas di pangkalan resmi.

Idris juga mengaku terus berupaya mengawasi dan mendata peredaran tabung gas yang diduga berisi air. Nantinya, data ini akan dilaporkan ke Provinsi untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA:  Disdagin Depok Tingkatkan Pengawasan Tempat Usaha Tak Berizin

“Mengenai Peraturan Pemerintah untuk pengawasan terhadap perlindungan konsumen adanya di Provinsi, kita akan minta arahan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendagri) sebagai pengayom Pemerintah Daerah. Sehingga diharapkan kita bisa mengawasi pembeli maupun penjual yang melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Salah satu contoh, lanjutnya, warung kecil tidak diperbolehkan untuk menjual gas sembarangan yang nantinya akan dibeli oleh konsumen. Terlebih, warung tersebut tidak ada perjanjian kontrak apapun dengan pangkalan.

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

Usai melakukan sidak, Pemkot Depok akan membuat laporan yang nantinya diserahkan kepada Provinsi. Mengingat perlindungan konsumen merupakan ranah Provinsi.

“Kita tidak bisa bertindak karena bukan wewenang kita, kita hanya bisa membuat laporan dan data yang ada di lapangan,” tutupnya.

Comments

comments

Komentar

News Feed