Rollenspiel Atau Seni Peran Dalam Bahasa Jerman Dilombakan di Kulturfest 2016

DSC_0372.JPG
Siswa SMAN 3 Cibinong saat pementasan di ajang Rollenspiel di Kulturfest 2016.

DEPOK – Mahasiswa Ikatan Studi Jerman (ISJ) FIB UI kembali menggelar event Kulturfest 2016 bertempat di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Kulturfest merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang rutin dihelat sejak tahun 2000. Kulturfest tidak hanya menjadi wadah bagi mahasiswa ISJ, melainkan juga masyarakat umum untuk mengenal lebih baik mengenai kebudayaan, kesenian, serta bahasa Jerman melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian acara ini.

Gelaran Kulturfest “illustriertes Leben” tahun ini mengusung tema Comic-Kultur di Jerman. Dalam bahasa Indonesia illustriertes Leben memiliki arti “kehidupan yang diilustrasikan”.

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung dalam perhelatan ini adalah lomba Rollenspiel tingkat SMU. Sejatinya lomba ini adalah adu kepiawaian berbahasa Jerman, namun untuk perhelatan tahun ini, lomba tersebut dikemas dalam bentuk seni pementasan drama dengan menggunakan bahasa Jerman.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

Rollenspiel ini sendiri diikuti oleh berbagai SMU di Jakarta dan sekitarnya dimana sekolah-sekolah tersebut menjadikan bahasa Jerman sebagai salah satu mata pelajaran bahasa asing.

Salah satu sekolah yang ikut berlomba dalam ajang ini adalah SMA Negeri 3 Cibinong yang mengaku beru pertama kali mengikuti perlombaan ini.

photo.jpg“Ini adalah pertama kalinya sekolah kami ikut kompetisi ini, tema yang dibawakan adalah fabel dengan judul Dank der Hase atau berkat si kelinci,” ujar Ina Fahrina, guru bahasa Jerman yang menjadi pendamping siswa SMAN 3 Cibinong pada lomba ini.

BACA JUGA:  Resmikan RSUI, Menristekdisti Harapkan Bisa Berikan Pelayanan Global

Kepada Depokpos, Ina mengatakan bahwa lomba Rollenspiel ini memiliki pengaruh yang sangat positif bagi siswa-siswinya karena bisa memotivasi mereka memperdalam bahasa dan budaya mancanegara.

Meski tak berhasil memenangi lomba ini, Ina sama sekali tak kecewa, bahkan berharap bisa kembali turut serta tahun berikutnya.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik,” pungkasnya sambil tersenyum.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

Lomba rollenspiel ini sendiri akhirnya dimenangi oleh siswa dari SMU Santa Ursula Jakarta yang menjadi juara pertama.

Comments

comments

Komentar

News Feed