Percasi Depok Akan Gelar Liga Catur Kota Depok

Ilustrasi turnamen catur. (Foto Koni Depok)
Ilustrasi turnamen catur. (Dok. KONI Depok)

DEPOK – Persatuan Catur Indonesia (Percasi) pengda kota Depok telah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) kota Depok pada hari Sabtu (10/9) lalu di rumah makan Gubuk Bambu-Depok. Ada beberapa keputusan yang dihasilkan, diantaranya terpilihnya H. Dedi Rusmiadi yang sehari-harinya bertugas sebagai Lurah Pancoran Mas, sebagai ketua Percasi kota Depok yang baru, menggantikan ketua sebelumnya Ulis Sumardi, yang telah habis masa jabatannya pada tahun 2016 ini.

Muscab ini sendiri diikuti segenap anggota komunitas dan klub catur yang tersebar di kota Depok yang memang banyak menghasilkan pecatur tangguh yang malang melintang di setiap turnamen regional bahkan tingkat nasional. Seperti yang diungkapkan oleh Hasan Basri atau karib disapa Ebith, yang terpilih untuk duduk di kepengurusan Percasi yang baru ini, akan ada beberapa gebrakan yang akan dilakukan di kepengurusan baru ini.

Menurut Ebith, melihat betapa potensi atlet catur yang tumpah ruah di depok, tetapi belum ada wadah kompetisi resmi yang dinaungi oleh Percasi. Karenanya, ia mengungkapkan program utama yang akan dilakukan kepengurusan baru ini adalah dengan menggelar liga catur kota Depok yang akan di ikuti oleh segenap komunitas atau klub catur yang ada di kota Depok. Ebith optimis, animo dari komunitas catur yang ada akan bagus, mengingat dari pelaksanaan Muscab itu sendiri banyak dihadiri oleh anggota dari komunitas atau klub catur itu yang menaruh harapan besar, ada sesuatu hal yang baru dari kepengurusan yang baru.

BACA JUGA:  Jambore Guru Siaga Bencana Siapkan Agen Mitigasi Tingkat Sekolah

Lebih lanjut Ebith menyampaikan, Pengurus akan mematangkan konsep liga catur ini terlebih dahulu, dengan membuka lebar-lebar masukan atau keinginan dari komunitas catur itu sendiri. “ Kami akan menyertakan para pegiat olahraga ini untuk memberi masukan pada liga yang akan kita gelar,” katanya. “Bahkan, kalau ada klub yang siap sebagai penyelenggara tak tertutup kemungkinan kita akan serahi tanggung jawab untuk melaksanakan liga ini,” terangnya lagi.

BACA JUGA:  Kelompok UMKM Sukmajaya Rilis Lima Gerai Sukmafood

Maruntung Siringo-ringo salah satu andalan atlet Porda kota Depok yang turut hadir dalam Muscab ini jg menyatakan dukungannya. “Kita butuh kompetisi yang rutin, terutama untuk menjaring atlet-atlet muda agar regenarasi atlet di olahraga ini selalu terjaga” harap Maruntung, yang turut andil menyumbangkan medali Emas bagi kota Depok di Pekan Olah Raga Daerah (Porda) se- Jawa Barat pada tahun 2010, dan medali perunggu tahun 2014 lalu.

Dukungan pelaksanaan liga catur ini juga diberikan oleh Hendri Y.Kelmanutu, ketua Pion Baja Chess Club-Depok. Menurut pria yang akrab disapa Mates ini, Pion Baja telah rutin menggelar kompetisi internal (home tournament) bagi anggotanya disetiap awal bulan, guna mengasah kemampuan bermain dan mental bertanding para anggotanya.

“Olahraga Catur yang populer di kota Depok ini, harus ada kompetisi yang regular yang difasilitasi oleh Percasi kota Depok, mengingat selama ini cabang catur sangat kurang diperhatikan oleh pemerintah kota Depok, padahal sudah sering mengharumkan nama kota Depok di tingkat propinsi dan tingkat nasional,” terangnya.

BACA JUGA:  BNN Depok Akan Rekrut Pegiat Narkoba

Mates juga berharap, dengan pelaksanaan Liga Catur ini akan menjadi wahana bagi para pecatur Pion Baja untuk saling bersilaturahmi sambil mengasah kemampuan dengan komunitas catur lain yang ada di kota Depok.

Lebih jauh lagi, ia juga menyatakan kesiapan klub yang diketuainya untuk menjadi pelaksana bagi Liga Catur ini. “Secara tekhnis kami juga siap dengan konsep dan sistem bagi pelaksanaan Liga Catur ini,” paparnya bersemangat.

Turut merespon positif hal ini, Edmond Johan yang duduk di dewan Pembina Pion Baja berencana akan mengundang Master Nasional untuk bersimultan dengan anggota klub Pion Baja guna mempersiapkan atlet-atlet di klub-nya untuk menyambut Liga Catur kota depok ini. “ Kita akan undang master nasional catur untuk bertanding disini (markas Pion Baja) agar lebih semangat lagi mengasah kemampuan bertanding dan mentalnya,” pungkasnya. (Asliatama Ahmad/DepokPos)

Comments

comments

Komentar

News Feed