Pemkot Targetkan Pembangunan JPO Gunadarma Selesai Desember

Minimnya jembatan penyeberangan orang (JPO) di jalan Margonda Raya, Depok memaksa setiap orang menyeberang secara sembarangan. (Foto Istimewa)
Minimnya jembatan penyeberangan orang (JPO) di jalan Margonda Raya, Depok memaksa setiap orang menyeberang secara sembarangan. (Foto Istimewa)

DEPOK – Pemkot Depok berencana membangun jembatan penyeberang orang (JPO) di depan universitas Gunadarma Margonda. Semua kebutuhan pembangunan JPO tersebut disebutkan telah tuntas dan tinggal merealisasikan pembangunannya saja.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara yang mengatakan pada bulan ini juga akan segera dimulai pembangunannya.

“Pembebasan lahan sudah selesai, pemenang lelang juga sudah ada, Insya Allah bulan ini sudah mulai pengerjaannya,” ujar Gandara, Senin (5/9/2016) .

Gandara mengatakan, bahwa pembangunan ditargetkan akan selesai pada bulan Desember tahun ini. Sehingga dapat memberikan kenyamanan dan juga keamanan terhadap para pejalan kaki.

BACA JUGA:  Jambore Guru Siaga Bencana Siapkan Agen Mitigasi Tingkat Sekolah

“Kalau tidak ada hambatan, bulan Desember nanti sudah selesai,” tambahnya.

Gandara menambahkan bahwa Pemkot juga berencana untuk membangun JPO lagi di beberapa titik, diantaranya adalah di depan D’mall dan juga di Taman Melati BSI. Namun, itu masih rencana kedepan, untuk tahun ini baru di depan Gunadarma saja yang akan direalisasikan.

“Sudah ada analisanya mana saja yang perlu dibangun JPO diantaranya dua titik itu, namun untuk saat ini baru yang di depan Gundar saja” tegasnya.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

Jalan Margonda sendiri merupakan jalan utama di Kota Depok, namun minimnya JPO yang ada di jalan tersebut menjadi sorotan banyak pihak.

Pihak Pemkot sendiri pernah mengatakan bahwa kendala utama pembangunan JPO di Margonda adalah pada pembebasan lahan. (Baca: JPO di Margonda Kurang, Walikota Akui Kesulitan Pembebasan Lahan)

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa soal JPO, Gubernur Jawa Barat sudah menyediakan dana sejak tahun 2013 untuk pembangunan JPO sebanyak sepuluh buah dengan biaya yang tidak sedikit. Menurut Idris, Gubernur saat itu mengatakan hanya bisa membantu konstruksi jembatannya, namun lahannya disediakan oleh Pemerintah Kota Depok.

BACA JUGA:  Resmikan RSUI, Menristekdisti Harapkan Bisa Berikan Pelayanan Global

Namun untuk pembangunan sebuah jembatan yang notabene harus memiliki dua kaki yang masing-masing berada disatu sisi jalan, Idris mengatakan hingga saat ini masih terkendala pembebasan lahan yang akhirnya menghambat pembangunan JPO.

“Rata-rata pemilik lahan di jalan Margonda tak mau menjual tanahnya, Pemkot sudah menganggarkan sejak tahun 2013 untuk membeli lahan minimal 50 meter untuk satu kaki jembatan,” terang Idris beberapa waktu lalu. (San/DepokPos)

Comments

comments

Komentar

News Feed