Tumpukan Sampah Membuat Lingkungan SDN Sawangan 1 Kumuh

unduhan.jpgDEPOK – Sampah di Kali Baru yang tepat berada di samping SDN Sawangan 1, ternyata telah membuat resah Kepala Sekolah SDN Sawangan 1, Abdul Kholik. Sebab, tumpukan sampah tersebut membuat lingkungan sekolah tampak sangat kumuh.

Kholik mengatakan bahwa permasalahan ini merupakan permasalahan yang serius, karena tidak lagi permasalahan lingkungan sekolah, tetapi juga permasalahan masyarakat sekitar. Mengingat lokasi Kali Baru berada di samping sekolah, jadi dampaknya pun terlihat jelas.

“Kali Baru banyak sekali sampah, terutama sampah rumah tangga. Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa sampah dari pedagang yang berada di pinggir kali tersebut,” tuturnya.

BACA JUGA:  Peringati HPSN 2019, Komunitas Ciliwung Depok Kembali "Bebenah Ciliwung"

Kholik menjelaskan bahwa karena lokasi Kali Baru tersebut berada di antara Kelurahan Sawangan dan Sawangan baru, tentu saja harus ada kekompakan dan kerjasama yang baik antar kedua Kelurahan tersebut. Bukan hanya sekadar membersihkan, tetapi juga harus ada penataan khususnya para pedagang yang berjualan di pinggir Kali Baru.

“Setidaknya, bisa dibuatkan bangunan yang lebih layak dan diberikan pemahaman dan juga penjelasan tentang arti dari sebuah kebersihan,” tandasnya.

BACA JUGA:  Jambore Guru Siaga Bencana Siapkan Agen Mitigasi Tingkat Sekolah

Kemudian, Lurah Sawangan Baru, Sutisna mengatakan keberadaan sampah yang memenuhi Kali Baru telah menjadi perhatian sejak lama. Bahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi kepada pengurus lingkungan dan LPM membahas keberadaan Kali Baru yang dipernuhi dengan sampah rumah tangga.

“Dalam menangani permasalahan sampah Kali Baru, kami sudah memasukan dalam Musrenbang 2015 untuk dilakukan normalisasi kali. Mudah-mudahan bisa dilakukan sekarang atau setidaknya secepatnya,” pungkasnya. (Mitha Try/Depokpos)

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

Comments

comments

Komentar

News Feed