Komunitas Reyog Ponorogo Jabodetabek Gelar Milad Ke-2

IMG-20160812-WA084.jpg
Syukuran Milad ke-2 Komunitas Reyog Ponorogo (KRP) di Sanggar Grup Reyog Singo Elka Manunggal, Depok.

DEPOK – Reyog merupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut, tepatnya Kabupaten Ponorogo. Kesenian Reyog Ponorogo ternyata digemari masyarakat yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya, dibuktikan dengan tumbuhnya seniman dan puluhan grup Reyog Ponorogo.

Ketua Komunitas Reyog Ponorogo (KRP), Suyatno mengatakan gagasan berdirinya perkumpulan seni budaya Reyog Ponorogo dimulai pada tahun 2011 melalui tukar pikiran para tokoh, seniman dan pegiat reyog dalam menyikapi hambatan, tantangan, dan peluang perkembangan dan pelestarian kesenian Reyog Ponorogo di Jabodetabek.

“Bertepatan dengan HUT ke-518 Kabupaten Ponorogo, tempat reyog berasal atau tepatnya tanggal 11 Agustus 2014 berdiri perkumpulan seni budaya di Jakarta bernama Komunitas Reyog Ponorogo disingkat KRP,” kata Suyatno.

BACA JUGA:  "Empat untuk Tempat Bernama Indonesia" Saat 4 Penyair Bercerita Lewat Puisi

Menginjak usia yang kedua, para tokoh, seniman, pegiat dan pecinta reyog menghadiri syukuran Milad ke-2 Komunitas Reyog Ponorogo (KRP) di Sanggar Grup Reyog Singo Elka Manunggal, Depok, Jum’at malam (12/8).

Selain pemotongan tumpeng, acara milad juga diisi dengan ceramah agama, pelepasan grup reyog Singo Elka Manunggal yang akan mengikuti Parade Reyog Ponorogo Se-Jabodetabek di Anjungan Jawa Timur TMII, Sabtu 13 Agustus 2016, serta mendo’akan anggota KRP yang akan menjadi Duta Wisata Reyog Ponorogo Indonesia ke Filipina, 20-27 Agustus 2016 mendatang.

BACA JUGA:  "Empat untuk Tempat Bernama Indonesia" Saat 4 Penyair Bercerita Lewat Puisi

“Meski perkumpulan ini baru berusia dua tahun, mudah-mudahan kiprahnya mampu membawa Reyog Ponorogo ke jenjang yang lebih tinggi,” pungkas Suyatno yang juga pimpinan grup reyog “Bantarangin”.

Selain tokoh reyog Jabodetabek, Milad ke-2 KRP juga dihadiri mahasiswa seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ), seniman reyog dari Ponorogo, Jember, dan Surabaya.

Comments

comments

Komentar

News Feed