Jalan Pemuda Bisa Dikembangkan Menjadi Seperti Kota Tua Jakarta

DEPOK – Sejumlah bangunan bersejarah Depok yang berdiri di Jalan Pemuda tampak lapuk dan tak terawat. Seperti bangunan SDN 2 Pancoran Mas yang dulunya bernama Europeesche School yang dibangun 1886. Didekatnya, bangunan bersejarah lain yang rusak adalah Jembata‎n Panus. Pondasi Jembatan yang dibangun 1917 itu mulai tergerus aliran Sungai Ciliwung.

Kondisi mengenaskan yang menimpa bangunan bersejarah tersebut membuat pegiat sejarah dari Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC) segera mendaftarkannya sebagai bangunan cagar budaya. Ferdi Jonathans selaku pengurus bidang aset dan sejarah YLCC menuturkan, sejumlah bangunan bersejarah peninggalan Chastelein adalah Gedung Pastori, Gereja Immanuel, SDN Pancoran Mas 2, Rumah Sakit Harapan, Jembatan Panus.

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

“‎Semua bangunan memprihatinkan. Karena perlu perawatan,” ujar Ferdi di Kantor YLCC, Jalan Pemuda, Depok, Senin, 29 Agustus 2016. Keadaan bangunan, lanjutnya, menua dan lapuk.

Kritik serupa pernah dilontarkan Sejarahwan JJ Rizal yang mempertanyakan tidak hadirnya Pemkot Depok dalam melindungi dan melestarikan banguan – bangunan bersejarahnya.

Pembangunan tanpa menoleh dan mengacu pada masa lalu merupakan sikap fasis kota. Menurut Rizal, Pemkot Depok lebih baik segera mendaftarkan situs – situs bersejarahnya. Hal tersebut lantaran kondisinya sejumlah bangunan bersejarah itu yang rusak serta terancam musnah.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

Bila tetap dibiarkan mengenaskan, tutur Rizal, masyarakat bisa menggugat Pemkot Depok secara hukum.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Depok ‎Pradi Supriatna menampik tak adanya upaya perlindungan bangunan bersejarah.

“Kalau inventarisasi sudah, bahkan kita hi‎mbau untuk rumah – rumah tua ini tidak mendapat izin pugar atau direnov,” ujar Pradi, pekan lalu.

Ia juga mengakui bangunan tua di Depok berpotensi dikembangkan guna kegiatan wisata.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

“Kota Depok sebetulnya punya potensi cagar budaya, punya potensi untuk dikembangkan jadi pariwisata tidak hanya domestik mungkin internasional,” tuturnya.

Pradi berharap, bangunan – bangunan bersejarah bisa cagar budaya guna dikembangkan menjadi lokasi wisata. Dia mencontohkan, Jalan Pemuda yang berpotensi dikembangkan seperti area wisata Kota Tua, Jakarta.‎

“Ini kan potensi cuma memang belum digarap dengan baik,” ucapnya.

Comments

comments

Komentar

News Feed