Film Tiga Dara Hasil Restorasi Sudah Tayang Di Bioskop

 Ki-ka: Windra Benyamin, Lintang Gitomartoyo, Nia Dinata, Yoki P. Soufyan, Taufiq Marhaban, Aden Bahri. Saat konpers di XXI Plaza Indonesia Jakarta (3/8/2016) (Foto: Karmila)
Ki-ka: Windra Benyamin, Lintang Gitomartoyo, Nia Dinata, Yoki P. Soufyan, Taufiq Marhaban, Aden Bahri. Saat konpers di XXI Plaza Indonesia Jakarta (3/8/2016) (Foto: Karmila)

DEPOKPOS – Salah satu film legendaris Indonesia yang pertama kali dirilis pada tahun 1956, sudah berhasil direstorasi dan dapat dinikmati di bioskop mulai 11 Agustus 2016. Film tiga dara bergenre drama musikal Indonesia ini disutradarai oleh Usmar Ismail, yang telah direstorasi dalam format 4K. Tiga Dara adalah sebuah film lama yang pernah ditasbihkan menjadi salah satu film terbaik yang pernah dibuat di Indonesia.

Film ini sekaligus menandai pencapaian penting, yaitu film pertama Indonesia yang direstorasi dalam format 4K digital, yang berarti tata gambar dan tata suara telah dipulihkan kembali menjadi cemerlang dan jernih, selayaknya film yang baru dibuat. Film yang sempat sukses secara komersil, menjadikan sebagai film Indonesia terlaris pada masanya. Dan film ini menjadi trend-setter sosial dan budaya yang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu.

Menurut Aden Bahri, dari SA Film saat konpers pada 3 Agustus bertempat di XXI Plaza Indonesia mengatakan, “Saya bangga dengan Produser Eksekutif karena film tanpa musik seperti sayur tanpa garam. Film ini dulu pernah masuk Box Office Indonesia, yang penting kita bisa menjaga warisan bangsa, musik dikemas dengan bagus, dan nuansa juga kena. Digarap juga dengan sutradara yang cantik yaitu mba Nia,” ucap Aden sambil melirik Nia Dinata disampingnya.

BACA JUGA:  17 Hari Tayang Film "Orang Kaya Baru" Menuju 1 Juta Penonton

Salah satu adegan di film itu syutingnya di Jl. Panglima Polim. Waktu itu Jl. Panglima Polim masih sepi sekali, tidak seperti sekarang,” kenang Mieke Widjaja, pemeran Nana, anak tengah di film Tiga Dara ini, waktu diwawancara di salah satu televisi swasta akhir pekan lalu.

Jalan Panglima Polim di jaman dahulu. (Foto: Istimewa)
Jalan Panglima Polim di jaman dahulu. (Foto: Istimewa)

Tiga Dara hasil restorasi (Usmar Ismail) dengan para pemain: Chitra Dewi, Indriati Iskak, Mieke Wijaya, Rendra Karno, Fifi Young, Hassan Sanusi, Bambang Irawan, Roosilawaty. “Tentu saja sekarang kita jadi asyik sendiri menonton film ini, sambil menebak-nebak, ini lokasinya di mana ya? Sekarang jadinya apa ya? Itulah keasyikan tersendiri menonton film ini.” ungkap Mieke tertawa kecil.

BACA JUGA:  Film Terbaru Karya Garin Nugroho Siap Tayang di Bioskop

Nia Dinata, selaku Sutradara film Tiga Dara menceritakan bagaimana ia bisa tertarik untuk mendaur ulang film ini. Waktu ia kecil tinggal dengan neneknya sampai usia 6 tahun. Tidak sengaja ia baca koran yang ada iklan sinema akhir pekan film Tiga Dara. Kebetulan neneknya pencinta film Tiga Dara. Ditambah dengan lagunya Saiful Bahri, merupakan lagu favorit Nia Dinata di jaman ia masih kecil, pada masa itu.

BACA JUGA:  Siapkan Rencana Terbaik, Deolipa Project Akan Launching Tahun Ini

“Saya familiar sekali dan dari kecil sudah mengidolakan Saiful Bahri. Karena saya tidak bisa menyaingi Usmar Ismail seperti itu. Dari kecil saya sering menyanyikan lagu ini, kisah Tiga Dara. Dan pada 1 September mendatang akan dirilis film “Ini Kisah Tiga Dara”, sebelum dirilis pada 19 Agustus besok akan diputar filmnya untuk media. (Karmila/Depokpos)

Comments

comments

Komentar

News Feed