Disdukcapil: KIA Salah Satu Wujud Depok Sebagai Kota Layak Anak

Ilustrasi.
Ilustrasi.

DEPOK – Pemerintah Kota Depok sedang gencar melakukan berbagai cara dalam mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Layak Anak. Salah satunya adalah membuat Kartu Indentitas Anak (KIA).

Kepala Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Misbahul Munir mengatakan bahwa maksud dari pembuatan KIA ini adalah mendorong terpenuhinya hak sipil anak, meningkatkan kesejahteraan anak baik secara jasmani maupun rohani.

“Dengan tujuan agar kartu tersebut dapat dipergunakan untuk kepentingan publik, jadi anak bisa mandiri. Kemudian, anak juga dapat mendapatkan keringanan biaya dari fasilitas yang diberikan oleh mitra usaha,”tandasnya.

Untuk saat ini, terdapat 18 mitra usaha yang sudah melakukan kerjasama dengan pemerintah kota dan siap mendukung serta memberikan fasilitas untuk anak.

Lebih lanjut, Munir menuturkan bahwa KIA yang diterbitkan untuk tahun ini masih bersifat lokal. Namun, pada tahun 2017 KIA akan berubah fungsi menjadi kartu identitas yang bersifat nasional.

“Target Kartu Indentitas Anak tahun 2017 itu, kami targetkan sebesar 150.000 KIA yang akan diberikan kepada anak-anak di Depok per tahun dari jumlah anak yang ada,”tuturnya.

Kemudian, Ia pun berharap agar Camat dan Lurah yang ada di seluruh Kota Depok dapat membantu untuk ikut serta mensosialisasikan terkait KIA tersebut dan meningkatkan pelayanan dalam pembuatannya.

“Saya memohon kepada Camat dan Lurah untuk membantu mensosialisasikan KIA ini dan meningkatkan pelayanan tentunya,”pungkasnya. (Mitha Try/Depokpos)

Comments

comments

Komentar

News Feed