UI Luncurkan Bis Listrik Ramah Lingkungan

hhhh copy.JPG

DEPOK – Keren, lagi-lagi salah satu kampus yang terkenal di seluruh Indonesia maupun luar Negeri yaitu, Universitas Indonesia, baru saja meluncurkan Molina UI – EV Bus sebagai pelopor bis penumpang berkapasitas besar dan bertenaga listrik pertama di Indonesia. Bis ini dirancang oleh Tim Mobil Listrik Nasional UI (Molina UI).

Selain EV Bus, Molina UI juga mengeluarkan tiga bis lain, yaitu Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car konversi (MEV) 02 dan City Car konversi (MEV) 03. Ke-empat kendaraan listrik tersebut resmi diperkenalkan pada Senin, 18 Juli 2016 di Taman Engineering Center kampus UI Depok.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

Bus EV merupakan bus berkapasitas 60 penumpang dengan daya motor yang dirancang untuk dapat menggantikan bus kampus UI atau Bis Kuning yang berbahan bakar solar. City Car MEV 01 merupakan konversi kendaraan listrik dengan penerapan motor listrik Brushless Direct Current (BLDC) motor dengan kapasitas 25 kW.

Sedangkan City Car MEV 02 merupakan konversi generasi kedua dari kendaraan komersial dengan menggunakan motor AC Induksi. Kendaraan ini diharapkan dapat digunakan di lingkungan kampus sebagai transportasi alternatif. City Car MEV 03 merupakan konversi dari kendaraan komersial dengan sistem hibrid. Dengan menggunakan sistem hibrid, maka diharapkan jangkauan jarak tempuh kendaraan dapat lebih jauh.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

Selain merancang kendaraan listrik, Tim Molina UI juga menciptakan sistem termal untuk pendinginan kabin dan baterai serta sistem fluida berupa aplikasi jet sintetik untuk perbaikan aerodinamika kendaraan. Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met mengatakan ingin sekali bis listrik yang dikerjakan Tim Molina UI ini secepatnya diterapkan untuk mendukung visi UI menjadi green campus.

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

Memang, Universitas Indonesia selalu bisa menghadirkan sesuatu yang baru untuk para mahasiwa/i di kampusnya, termasuk membuat bis bertenaga listrik untuk menciptakan suasana yang baru dan bebas polusi.

Karena kebanyakan dari bis-bis yang ada di Depok, selalu mengeluarkan asap yang mengepul berwarna hitam dan merusak polusi udara di Depok. Kini Universitas Indonesia berharap jika semua bis sudah selesai dikerjakan akan berguna untuk warga UI maupun Kota Depok. (Wirda Maya/Depokpos)

Comments

comments

Komentar

News Feed